Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Bikin Penasaran! Kenapa Blender Baru Sering Bau Gosong? Simak Solusinya!

Kenapa Blender Baru Bau Gosong? Penyebab dan Solusinya

Kenapa Blender Baru Bau Gosong - Blender merupakan perangkat elektronik rumah tangga yang berfungsi untuk membantu mempercepat proses menggiling bumbu di saat memasak

Dengan adanya blender kegiatan masak-memasak akan lebih cepat, dibandingkan jika Moms harus mengulek cabai atau bumbu secara manual.

Namun ada beberapa kendala yang sering terjadi pada blender yang Moms gunakan, seperti timbulnya bau gosong di saat blender digunakan.

Tentu saja hal ini bisa membuat mom's panik dan enggan untuk menggunakan blender tersebut, dalam beberapa kasus terdapat bau gosong yang muncul pada blender baru. Tentu saja ini bisa mambuat Moms bingung, karena kondisi bander yang tergolong baru.

Nah, untuk menjawab kekhawatiran Moms dengan  masalah bau gosong pada blender, maka pada kesempatan ini Mobilintec Team akan mengulas nya secara lengkap beserta solusi yang bisa dilakukan.


Bau gosong pada blender baru

Munculnya bau gosong pada blender baru merupakan hal yang wajar dan tidak perlu ditakuti. Kondisi ini bisa terjadi pada merk blender ternama seperti blender Sharp, Panasonic, Black & Decker, Philips, Miyako, Cosmos, Maspion, National sampai blender murah lainya.

Lalu apa sumber yang menimbulkan bau gosong pada sebuah blender baru? Ada beberapa faktor yang menyebabkan munculnya bau gosong pada blender baru seperti:

- Gesekan batu arang (arang carbon) dengan rotor dinamo blender, hal ini cukup wajar terjadi pada blender baru, karena gesekan batu arang tadi akan menimbulkan panas dan percikan api (tidak berbahaya) sehingga membuat bau gosong muncul.

Kondisi bau gosong ini akan hilang dengan sendirinya dalam hitungan hari serta seringnya Moms menggunakan bander tersebut.

Gesekan batu arang dengan rotor dinamo blender

- Memuainya lapisan email atau enamel pada kawat tembaga dinamo. Pada bagian blender terdapat lilitan kawat tembaga yang berfungsi mengubah arus listrik menjadi medan magnet untuk memutar rotor dinamo.

Memuainya lapisan email enamel pada kawat tembaga dinamo merupakan hal yang wajar terjadi pada sebuah blender baru, karena panas berlebih akibat pergesekan membuat lapisan email memuai dan menimbulkan bau gosong.

Bisanya bau gosong yang disebabkan memuainya lapisan email pada kawat tembaga ini akan hilang dengan sendirinya dalam beberapa kali pemakaian blender.

Memuainya lapisan email pada kawat tembaga dinamo


Bau gosong tidak kunjung hilang pada blender baru

Jika bau gosong pada blender baru tidak kunjung menghilang, bisa dipastikan terdapat masalah, kualitas produksi yang jelek atau kerusakan pada komponen internal pada blender, korsleting atau kebocoran pada body blender sehingga air membasahi komponen internal blander. 

Untuk keamanan, sebaiknya Moms bisa menghentikan penggunaan blender agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan dan berbahaya.

Untuk langkah selanjutnya, sebaiknya lakukan klaim garansi dimana Moms membeli blender tersebut. Biasanya pihak toko akan melakukan pergantian part internal pada blender atau menggantinya dengan unit blender yang baru.


Bau gosong pada blender lama

Seperti halnya perangkat elektronik lainnya yang memiliki masa pakai, blender juga tentunya memiliki masa pakai dimana akan mengalami kerusakan pada part external maupun part internal nya.

Untuk kasus bau gosong pada bander lama bisa disebabkan oleh beberapa faktor, sehingga Moms tidak bisa menyatakan jika mencium bau gosong pada blender sudah pasti blender tersebut tidak layak pakai lagi.


Berikut beberapa faktor dan penyebab bau gosong muncul pada blender lama

1. Gear karet blender yang mulai aus

Gear karet blender yang mulai aus

Gear karet ini berfungsi untuk memutar mata pisau pada blender, jika karet gear sudah mengalami keausan akan membuat gesekan dan menghasilkan panas sehingga muncul seperti bau gosong.

Sebaiknya periksa kondisi karet gear blender, jika sudah mulai rusak segeralah lakukan pergantian. Moms bisa membawa blender ke jasa service blender terpercaya untuk dilakukan pergantian gear karet.


2. Terdapat kotoran dan tumpukan debu pada dinamo blender

Tumpukan debu maupun kotoran bisa saja bersarang pada dinamo blender dan menimbulkan bau gosong di saat dinamo blender berputar dengan kencang sehingga kotoran mengalami kondisi seperti terbakar.

Walaupun kondisi ini cukup jarang terjadi jika Moms rutin membersihkan blender setelah pemakaian, namun sebaiknya selalu cek dan service blender lama secara berkala ya.


3. Terjadi kebocoran pada blender

Usia pemakaian blender yang cukup lama bisa mempengaruhi kekokohan bahan material body pada blender. Rembesan air bisa saja terjadi jika material body blender mengalami pecah atau retak, sehingga membuat air masuk kebaikan dinamo yang sedang berputar dan menimbulkan bau gosong di saat blender digunakan.

Jangan biarkan kondisi ini terus terjadi, karena bisa berbahaya dan menyebabkan konsleting listrik dan kebakaran. Sebaiknya segera lakukan perbaikan agar tidak terjadi rembesan air lagi ke komponen internal blender


4. Kerusakan komponen, konsleting  dan dinamo terbakar

Kerusakan komponen, konsleting  dan dinam terbakar

Masalah kerusakan pada komponen internal pada blender bisa menyebabkan munculnya bau gosong. Seperti halnya lilitan kawat tembaga dinamo yang terbakar, arang carbon yang mulai habis serta kabel-kabel yang mulai mengalami korosi.

Sebaiknya, apabila hal ini terjadi pada blender segeralah untuk dilakukan perbaikan maupun service secara keseluruhan. Namun jika kondisi blander sudah cukup parah dan membahayakan jika tetap digunakan, sebaiknya ganti bander lama milik Moms dengan blender baru yang berkualitas baik.


Kesimpulan

Bau gosong yang ditimbulkan dari blender baru maupun blender lama sangatlah mengganggu dan membuat was-was untuk digunakan. Namun hal itu merupakan kondisi yang wajar dan selalu ditemukan pada setiap blender baru dan akan hilang seiring pemakaian.

So, mulai saat sekarang Moms tidak perlu khawatir lagi dengan bau gosong yang ditimbulkan oleh blender, namun tetap selalu jaga kebersihan blender dan juga melakukan servis secara rutin blender kesayangan Moms agar tetap dapat berfungsi secara optimal.