Rahasia Awetkan Sepatu Kulit Sintetis: 4 Tips Merawat yang Perlu Kamu Tahu

R

4 Cara Merawat Sepatu Kulit Sintetis Agar Tidak Pecah

Cara merawat sepatu kulit sintetis agar tidak pecah – Jika Anda ingin menjaga sepatu kulit sintetis Anda terlihat bagus, Anda perlu tahu cara merawatnya. Sedikit perhatian dapat membantu Anda menghindari kerusakan sepatu Anda. Cara yang baik untuk melakukannya adalah dengan menggunakan semir krim daripada semir lilin. Semir krim lebih baik karena melembabkan kulit lebih baik daripada semir lilin. 

Untuk tips lebih lengkap nya dari cara merawat sepatu kulit sintetis agar tidak mengelupas, Mobilintec Team sudah merangkum beberapa tips nya untuk kalian semua. Yuk simak ulasanya dibawah ini

 

1. Cara membersihkan sepatu kulit sintetis

Ada beberapa metode untuk membersihkan sepatu kulit sintetis yang dapat Anda gunakan untuk memastikan bahwa sepatu tersebut terlihat terbaik. Salah satu caranya adalah dengan mengoleskan sabun cuci piring ringan ke permukaan alas kaki. Kemudian, gunakan kain lembut untuk menggosok bahan dengan lembut. Anda juga harus membersihkan tali sepatu jika kotor. Bilas tali sampai bersih dengan air hangat dan sabun. Setelah ini, biarkan mengering di udara. Pastikan untuk tidak menempatkannya di dekat sumber panas, karena sinar matahari langsung dapat menyebabkan material meleleh.

Langkah selanjutnya dalam membersihkan sepatu kulit sintetis adalah mengoleskan pelindung ke permukaan. Beberapa produk dapat diaplikasikan dengan kain sementara yang lain perlu disemprotkan. Sangat penting bagi Anda untuk mengikuti instruksi pada kemasan sebelum menerapkan lapisan pelindung.

Baca ini  Panduan Lengkap: 6 Cara Simpan Sepatu Agar Tetap Awet Sepanjang Masa!

 

 2. Cream polish lebih melembabkan

Semir krim berfungsi untuk mengembalikan warna dan kilau sepatu kulit. Ini dapat diterapkan pada sepatu menggunakan kain lembut atau sikat sepatu. Ini mengering dengan cepat dan menawarkan kilau mengkilap. Krim ini mengandung bahan  untuk melindungi kulit sepatu sambil mengembalikan warna aslinya. Muncul dalam berbagai warna dan tekstur.

 Semir krim lebih melembabkan daripada semir lilin. Namun, itu tidak dapat digunakan pada sepatu kulit sintetis. Alasannya adalah bahwa yang pertama meninggalkan lapisan tipis di permukaan dan tidak menembus ke dalam kulit.

 

3. Semir berbahan lilin lebih tahan lama

Semir lilin adalah cara yang bagus untuk melindungi sepatu Anda dari kotoran dan kelembaban. Tetapi Anda harus memilih jenis semir yang tepat untuk sepatu Anda. Misalnya, Anda harus menghindari semir sepatu berbahan dasar minyak bumi, yang dapat merusak sepatu Anda dari waktu ke waktu. Sebagai gantinya, gunakan semir sepatu alami yang terbuat dari carnauba atau lilin lebah.

Jika Anda memilih untuk menggunakan semir lilin pada sepatu bot kulit Anda, pastikan Anda menggunakan sikat bulu kuda. Bulu kuda menciptakan gesekan yang baik dan mengaktifkan semir lilin. Pilih sikat berwarna gelap untuk sepatu bot berwarna gelap dan yang lebih terang untuk yang berwarna lebih terang. Ini akan mencegah transfer warna.

Baca ini  Rahasia Terbaik: 6 Cara Merawat Sepatu Futsal Berbahan Kulit agar Selalu Kinclong

 

4. Semir Krim  tidak memberikan kilauan lebih pada sepatu kulit sintetis

Saat merawat sepatu kulit sintetis, yang terbaik adalah menggunakan semir lilin yang dapat memberikan kilau pada sepatu Anda. Semir lilin lembut dan mudah diaplikasikan dengan lap lembut. Penting untuk dicatat bahwa lilin tidak dapat memberikan kilauan bersinar dalam satu aplikasi, sehingga harus diterapkan dalam beberapa lapisan dan dibiarkan mengeras.

Semir sepatu dengan hasil yang mengkilap dapat dicapai dengan mengisi pori-pori kulit sepatu sintetis. Polesan yang tinggi lilin akan menghasilkan hasil akhir yang bersinar tinggi pada kulit sepatu, yang akan bertahan lebih lama. Tetapi Anda harus memilih semir sepatu dengan rasio lilin-ke-pelarut yang tinggi, karena ini akan membuat lapisan lilin yang lebih tebal.

 

 

Fakta tentang jenis kulit sepatu sintetis yang harus kamu tahu

 

Corfam adalah jenis kulit sintetis

Corfam adalah jenis bahan sintetis yang dikembangkan oleh DuPont pada 1960-an. Idenya adalah untuk menciptakan bahan yang tahan lama dan tampak seperti kulit asli, tetapi tidak mudah pecah dan retak. Perusahaan menghabiskan $ 100 juta untuk mengembangkan materi baru ini. Namun, teknologinya tidak berhasil, dan pada tahun 1971, Corfam telah berhenti dijual.

Baca ini  Putih Bersinar: 6 Tips Merawat Sepatu Agar Tidak Cepat Menguning

 Beberapa orang masih menggunakan corfam dalam beberapa produk, seperti saddle girth dan beberapa sepatu yang digunakan oleh profesi berseragam. Bahan kulit sintetis lainnya adalah koskin, yang mirip dengan kulit tetapi diproduksi dengan lapisan yang tidak pecah. Produk-produk ini digunakan dalam komputer dan casing laptop dan dapat terlihat seperti kulit asli. Corfam dibuat oleh DuPont dan diucapkan “ko-skin” dalam bahasa Swedia.

 

Sepatu kulit sintetis memiliki umur 2-4 tahun

Ada beberapa hal yang perlu diingat saat merawat sepatu kulit sintetis Anda. Pertama, Anda harus menjaga mereka tetap terlindungi. Kulit tidak memperbaiki dirinya sendiri, sehingga membutuhkan perawatan dan perlindungan. Kulit juga membutuhkan kelembaban agar tetap fleksibel dan mempertahankan jalinannya yang berserat. Jika kulit tidak terlindungi dengan baik, kulit sepatu dapat pecah atau meregang, sehingga sulit untuk dipakai.

Hal penting lainnya yang perlu diingat saat merawat sepatu Anda adalah menyimpannya dengan benar. Menggunakan rak sepatu dapat mencegah kulit menyusut dan rusak seiring waktu. Anda juga dapat menggunakan kantong gel silika atau kotak sepatu untuk mencegah pertumbuhan jamur dan menumpuknya debu.

Referensi terkait:

About the author

Javier Hamad

Beri Tanggapan

Your email address will not be published. Required fields are marked *

About us

Mobilintec.net is a blog that specializes in discussing the problem of damage to electronic devices and reviewing automotive information.

Popular Posts