Heboh! Kulkas Anda Terkena Setrum? Ini 5 Cara Ampuh Mengatasinya!

H

5 Cara Mengatasi Body Kulkas Ada Setrumnya

Cara Mengatasi Body Kulkas Ada Setrumnya – Setrum pada kulkas bisa terjadi karena beberapa faktor, dan selain menyebabkan rasa tidak nyaman, setrum juga bisa berbahaya bagi pengguna kulkas. Oleh karena itu, kita perlu mengetahui cara mengatasi masalah ini agar kulkas tetap aman digunakan.

Pada artikel ini, Mobilintec Team akan membahas cara mengatasi body kulkas ada setrumnya dengan bahasan yang mudah dipahami dan praktis dilakukan. Simak artikel ini sampai selesai untuk mengetahui cara-cara yang bisa diambil untuk mengatasi masalah setrum pada kulkas Anda.

1. Penyebab Setrum pada Kulkas

Masalah setrum pada kulkas bisa terjadi karena beberapa faktor yang perlu diperhatikan. Faktor pertama adalah kelistrikan rumah yang tidak stabil. Jika listrik rumah tidak stabil, bisa saja terjadi lonjakan arus listrik yang bisa merusak komponen pada kulkas dan menyebabkan terjadinya setrum pada kulkas.

Faktor kedua adalah grounding yang buruk. Grounding yang buruk akan membuat arus listrik tidak bisa mengalir dengan baik dan malah akan menumpuk pada bagian kulkas sehingga mengakibatkan setrum. Pastikan grounding pada rumah dan kulkas sudah baik dan benar terpasang.

Faktor ketiga adalah keausan pada kabel atau stop kontak yang digunakan untuk kulkas. Jika kabel atau stop kontak sudah aus atau rusak, maka bisa menimbulkan masalah setrum pada kulkas.

Baca ini  How to Choose the Best Tent for Camping

2. Cara Mencegah Setrum pada Kulkas

Setelah mengetahui beberapa penyebab terjadinya setrum pada kulkas, ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mencegahnya. Cara pertama adalah dengan memastikan grounding pada rumah dan kulkas sudah baik dan benar terpasang. Pastikan juga kabel dan stop kontak yang digunakan untuk kulkas tidak dalam keadaan aus atau rusak.

Cara kedua adalah dengan menggunakan stabilizer atau alat pengatur tegangan listrik. Stabilizer bisa membantu menjaga tegangan listrik agar tetap stabil dan mencegah terjadinya lonjakan arus listrik yang bisa merusak komponen pada kulkas dan menyebabkan setrum.

Cara ketiga adalah dengan memilih kulkas yang dilengkapi dengan fitur anti-setrum. Beberapa merek kulkas sudah dilengkapi dengan fitur ini untuk mencegah terjadinya setrum pada kulkas.

3. Cara Mengatasi Setrum pada Kulkas

Jika Anda mengalami masalah setrum pada kulkas, berikut beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasinya.

1. Cara pertama adalah dengan memeriksa kelistrikan rumah terlebih dahulu. Pastikan bahwa kelistrikan rumah stabil dan tidak ada lonjakan arus listrik yang bisa merusak komponen pada kulkas. Jika terjadi masalah pada kelistrikan rumah, segera hubungi teknisi listrik untuk memperbaikinya.

2. Cara kedua adalah dengan memeriksa grounding pada rumah dan kulkas. Pastikan grounding sudah baik dan benar terpasang. Jika grounding buruk, segera perbaiki grounding pada rumah atau kulkas.

Baca ini  Shocking Secrets Revealed: Signs Your Android's EMMC IC Is Doomed

3. Cara ketiga adalah dengan memeriksa kabel dan stop kontak yang digunakan untuk kulkas. Jika kabel atau stop kontak sudah aus atau rusak, segera ganti dengan yang baru.

4. Cara keempat adalah dengan menggunakan stabilizer atau alat pengatur tegangan listrik. Stabilizer bisa membantu menjaga tegangan listrik agar tetap stabil dan mencegah terjadinya lonjakan arus listrik yang bisa merusak komponen pada kulkas dan menyebabkan setrum.

5. Cara kelima adalah dengan memilih kulkas yang dilengkapi dengan fitur anti-setrum. Beberapa merek kulkas sudah dilengkapi dengan fitur ini untuk mencegah terjadinya setrum pada kulkas.

4. Cara Perbaikan Kulkas Setrum

Jika kulkas Anda sudah terkena setrum, ada beberapa hal yang perlu dilakukan untuk memperbaikinya.

  • Cara pertama adalah dengan mematikan kulkas dan mencabut kabel dari stop kontak. Jangan mencoba untuk memperbaiki kulkas yang masih dalam keadaan menyala karena bisa membahayakan keselamatan Anda.
  • Cara kedua adalah dengan memeriksa komponen-komponen pada kulkas yang terkena setrum seperti kabel, kompresor, dan lampu. Jika ada komponen yang rusak atau terbakar, segera ganti dengan yang baru.
  • Cara ketiga adalah dengan memeriksa termostat pada kulkas. Termostat bisa menjadi rusak akibat terkena setrum. Jika termostat rusak, segera ganti dengan yang baru.
  • Cara keempat adalah dengan memeriksa rangkaian kelistrikan pada kulkas. Jika terjadi kerusakan pada rangkaian kelistrikan, segera perbaiki atau ganti dengan yang baru.
  • Cara kelima adalah dengan memeriksa grounding pada kulkas. Pastikan grounding sudah baik dan benar terpasang. Jika grounding buruk, segera perbaiki grounding pada kulkas.
Baca ini  What Apps Let You Borrow Money Until Payday Australia? Best 5 Pay Advance Apps Australia

Kesimpulan

Setrum pada kulkas bisa terjadi karena berbagai faktor seperti kesalahan grounding, terjadinya hubungan langsung antara kabel dan bodi kulkas, serta kerusakan pada komponen-komponen kelistrikan pada kulkas.

Untuk mencegah terjadinya setrum pada kulkas, sebaiknya pastikan grounding sudah baik dan benar terpasang, hindari menyentuh kulkas saat kaki Anda basah, dan jangan mencolokkan terlalu banyak peralatan listrik pada satu stop kontak.

Jika kulkas sudah terkena setrum, segera matikan kulkas dan cabut kabel dari stop kontak. Kemudian periksa komponen-komponen pada kulkas yang terkena setrum dan ganti yang rusak dengan yang baru. Jangan mencoba memperbaiki kulkas yang masih dalam keadaan menyala karena bisa membahayakan keselamatan Anda.

Dalam melakukan perbaikan pada kulkas yang terkena setrum, sebaiknya dilakukan oleh teknisi kulkas yang berpengalaman. Jangan mencoba memperbaiki kulkas jika tidak memiliki pengetahuan dan keterampilan yang cukup.

Dengan memperhatikan beberapa cara mencegah dan mengatasi setrum pada kulkas, diharapkan kulkas bisa tetap berfungsi dengan baik dan tahan lama.

Referensi terkait:

About the author

Javier Hamad

Beri Tanggapan

Your email address will not be published. Required fields are marked *

About us

Mobilintec.net is a blog that specializes in discussing the problem of damage to electronic devices and reviewing automotive information.

Popular Posts