7 Cara Ampuh Mengatasi iPhone Tidak Bisa Di Charger

7

7 Cara Ampuh Mengatasi iPhone Tidak Bisa Di Charger

Cara mengatasi iphone tidak bisa di charger – iPhone tidak bisa di-charge atau cas meskipun sudah tersambung dengan charger tentunya Masalah ini bisa sangat mengganggu karena dapat menghabiskan daya baterai iPhone dengan cepat.

Pada kesempatan ini Mobilintec Team akan memberikan panduan lengkap tentang berbagai penyebab dan solusi yang bisa dilakukan untuk mengatasi iPhone yang tidak bisa di-cas. Dengan mengikuti langkah-langkah troubleshooting dalam artikel ini, diharapkan Anda dapat mengatasi masalah iPhone tidak bisa dicas dengan mudah.

Gejala umum iphone tidak bisa di cas

Salah satu masalah paling umum pada iPhone adalah ketika ponsel tidak bisa di-charge atau dicas. Ada beberapa gejala umum yang menandakan iphone Anda mengalami masalah charging:

  • iPhone mati total atau sama sekali tidak menyala saat dicolokkan ke charger. Layar hitam dan tidak ada tanda-tanda kehidupan saat Anda mencoba men-charge iPhone.
  • iPhone menyala tapi ikon baterai kosong. Artinya daya baterai iPhone sudah benar-benar habis meskipun sudah dicolokkan charger.
  • iPhone menyala tapi tidak mau charging. Ikon charger muncul tapi persentase baterai tidak bertambah saat dicas.
  • iPhone terus restart sendiri saat sedang charging.
  • iPhone terlalu panas saat dicas.
  • Charger original iPhone tidak bisa men-charge perangkat.

Itu adalah beberapa gejala umum yang biasa muncul jika iPhone Anda mengalami masalah dan tidak bisa di-charging dengan normal. Identifikasi gejalanya terlebih dahulu agar bisa mendiagnosis penyebab masalahnya.

I. Periksa kabel dan adapter charger

Pastikan Anda menggunakan kabel dan adapter charger original buatan Apple yang kondisinya masih bagus. Kabel dan adapter bajakan atau yang sudah rusak bisa menyebabkan iPhone tidak bisa dicas dengan baik. Berikut cara memeriksa kondisi kabel dan adapter charger:

  • Periksa apakah kabel tidak putus atau sobek, terutama di bagian ujung yang tersambung ke iPhone dan charger. Kabel yang putus di dalam bisa menyebabkan arus listrik tidak mengalir dengan baik.
  • Pastikan konektor Lightning di ujung kabel tidak bengkok atau kendor saat dipasang ke port charging iPhone. Kencangkan konektornya jika longgar.
  • Bersihkan konektor Lightning menggunakan kain lembut dan kering untuk menghilangkan debu atau kotoran yang menempel. Debu bisa menghambat aliran listrik.
  • Periksa adapter charger, pastikan pin-pin di dalamnya tidak bengkok atau patah. Gunakan kaca pembesar untuk memeriksa dengan lebih jelas.
  • Cobalah mengganti dengan kabel dan adapter charger original Apple yang baru atau masih bagus kondisinya.
  • Jangan gunakan kabel atau adapter charger pihak ketiga yang belum jelas kualitasnya. Selalu gunakan aksesori resmi dari Apple.
Baca ini  Kenapa Blender Tidak Mau Berputar? Ini Dia 6 Penyebab Utamanya

Pastikan melakukan pemeriksaan rutin pada kabel dan adapter charger untuk memastikan iPhone bisa terus dicas dengan baik tanpa masalah.

II. Bersihkan port charging iPhone

Port charging iPhone bisa terhalang oleh debu, kotoran, atau lendir sehingga menyebabkan koneksi tidak baik dengan kabel charger.

Untuk membersihkan port charging, Anda bisa menggunakan cotton buds yang sudah dibasahi sedikit alkohol. Pastikan cotton buds tidak terlalu basah agar cairan tidak masuk ke dalam port.

Lalu bersihkan bagian dalam port charging secara perlahan dengan cotton buds. Putar-putar cotton buds untuk mengangkat debu yang menempel. Jangan gunakan benda tajam seperti jarum atau pin untuk membersihkan port charging.

Setelah selesai membersihkan, diamkan beberapa menit agar port charging benar-benar kering. Kemudian coba colokkan kabel charger lagi. Jika masih tetap tidak bisa charging, coba langkah lain seperti reset perangkat.

III. Reset perangkat

Salah satu cara mengatasi iphone tidak bisa di cas adalah dengan melakukan reset pada perangkat. Reset dapat membantu memperbaiki segala macam error pada software iphone termasuk masalah pengisian daya. Ada dua jenis reset yang bisa dilakukan:

Reset Perangkat Lunak

Cara reset perangkat lunak adalah sebagai berikut:

  1. Buka aplikasi Settings
  2. Pilih General > Transfer or Reset iPhone
  3. Pilih Erase All Content and Settings
  4. Masukkan kode akses jika diminta
  5. Tunggu proses reset selesai

Dengan reset ini, semua data dan pengaturan akan dihapus dari iPhone. Pastikan sudah backup sebelum melakukan prosedur ini.

Reset Perangkat Keras

Cara melakukan reset perangkat keras:

  1. Tekan dan lepas tombol Volume Up
  2. Tekan dan lepas tombol Volume Down
  3. Tahan tombol Power sampai muncul logo Apple

Reset perangkat keras akan memaksa iphone restart dan membersihkan masalah software apapun.

Coba lakukan salah satu jenis reset di atas untuk memperbaiki masalah iphone tidak bisa dicas. Jika masih tidak berhasil, bawa ke tempat service resmi Apple untuk diperiksa lebih lanjut.

IV. Perbarui iOS

Memastikan iOS pada iPhone selalu up to date adalah langkah penting untuk menghindari masalah seperti tidak bisa charging. Apple secara berkala merilis update iOS yang mengatasi bug, memperbaiki performa, dan meningkatkan keamanan perangkat.

Baca ini  Berapa Km Motor Baru Bisa Boncengan? Tips Mengendarai Motor Anda dengan Aman

Update iOS terbaru juga bisa memperbaiki masalah kompatibilitas antara iPhone dan aksesoris seperti kabel data atau charger. Jadi jika iPhone Anda tiba-tiba tidak bisa di-charge, langkah pertama yang harus dilakukan adalah memastikan perangkat sudah terinstall versi iOS terbaru.

Cara memeriksa dan melakukan update iOS cukup mudah:

  1. Buka menu Settings > General > Software Update
  2. Periksa apakah ada pemberitahuan update iOS terbaru
  3. Jika ada, lakukan download dan update melalui jaringan WiFi
  4. Ikuti arahan yang muncul di layar sampai proses update selesai

Melakukan update iOS secara berkala dapat membantu menyelesaikan berbagai masalah pada iPhone, termasuk masalah koneksi dan charging. Jadi lakukan update iOS sebagai langkah awal mengatasi iPhone yang tidak bisa di-charge.

V. Matikan Bluetooth dan mode Hemat Baterai

Fitur Bluetooth dan mode Hemat Baterai pada iPhone bisa menyebabkan daya tidak terisi penuh saat proses pengisian baterai. Oleh karena itu, salah satu cara mengatasi iPhone tidak bisa di-charge adalah mematikan kedua fitur ini. 

Cara mematikan Bluetooth:

  1. Buka menu Settings pada iPhone Anda
  2. Pilih menu Bluetooth
  3. Geser tombol di samping Bluetooth ke posisi OFF untuk mematikannya

Cara mematikan mode Hemat Baterai:

  1. Buka menu Settings
  2. Pilih Battery
  3. Matikan opsi Low Power Mode dengan menggeser tombol ke posisi OFF

Dengan mematikan Bluetooth dan mode Hemat Baterai, proses pengisian daya pada iPhone Anda tidak akan terganggu. Pastikan kedua fitur ini dalam keadaan non-aktif saat Anda mengisi daya iPhone. Fitur-fitur tersebut bisa diaktifkan kembali setelah proses charging selesai dan baterai terisi penuh.

VI. Periksa dan Ganti Baterai jika Perlu

Salah satu penyebab utama iPhone tidak bisa di-charge bisa jadi karena kondisi baterai yang sudah tua dan perlu diganti. Untuk mengecek kondisi baterai, Anda bisa masuk ke Settings > Battery > Battery Health.

Di sini akan tertera informasi tentang “Maximum Capacity” atau kapasitas maksimal baterai. Jika angka ini sudah di bawah 80%, itu tandanya baterai sudah mulai tua dan perlu diganti.

Cara mengganti baterai iPhone cukup mudah. Anda bisa membawa ke Apple Store atau service center resmi Apple untuk melakukan penggantian baterai. Prosesnya tidak lama, biasanya sekitar 1 jam baterai sudah bisa diganti dengan yang baru.

Baca ini  Cara Download Nada Dering WA Korea Chagiya Cepat dan Mudah!

Harga penggantian baterai iPhone bervariasi tergantung seri dan modelnya. Untuk iPhone terbaru seperti iPhone 13, biaya penggantian baterai iPhone juga bervarasi coba konsultasikan pada teknisi reparasi Hp terpercaya. Pastikan Anda memilih baterai asli dan bergaransi supaya performa iPhone bisa optimal kembali.

Mengganti baterai iPhone yang rusak atau soak dengan yang baru bisa mengembalikan performa charging seperti semula. Jadi jika iPhone Anda sudah tidak bisa di-charge, periksa kondisi baterai dan ganti jika perlu sebelum mencoba solusi lainnya.

VII. Bawa ke Service Resmi Apple

Jika Anda telah mencoba semua solusi di atas, tetapi iPhone Anda masih tidak bisa di-charge, maka langkah terbaik selanjutnya adalah membawa perangkat ke service resmi Apple.

Service resmi Apple memiliki teknisi yang terlatih dan berpengalaman dalam memperbaiki berbagai masalah pada produk Apple. Mereka akan melakukan pemeriksaan menyeluruh untuk mengidentifikasi akar penyebab mengapa iPhone Anda tidak bisa di-charge.

Beberapa kemungkinan penyebab yang akan diperiksa di service resmi Apple antara lain:

  1.  Kerusakan pada port lightning
  2. Masalah pada chipset pengisi daya
  3. Kerusakan baterai iPhone
  4. Masalah software iOS

Teknisi service resmi Apple juga memiliki akses ke suku cadang asli dan peralatan diagnostik khusus untuk produk Apple. Mereka bisa melakukan perbaikan atau penggantian komponen yang rusak dengan kualitas terbaik.

Biaya servis tentu lebih mahal dibandingkan tempat service iphone biasa. Namun Anda akan mendapatkan jaminan reparasi dan garansi resmi dari Apple jika memperbaiki iPhone di tempat service resminya.

Jadi jika Anda ingin iPhone Anda diperbaiki dengan benar oleh tenaga ahli resmi, sebaiknya bawa ke Apple Store atau Apple Authorized Service Provider terdekat.

Penutup

Masalah iphone tidak bisa di cas bisa disebabkan oleh berbagai hal, dari kerusakan kabel, adapter, port charging, atau baterai yang sudah aus.

Maka sebaiknya lakukan pemeriksaan Troubleshooting dari hal yang paling mudah dan sederhana terlebih dahulu. Jika masalah tetap berlanjut, bawa ke teknisi resmi untuk diperiksa lebih lanjut. Pastikan gunakan kabel dan charger original Apple untuk mendapatkan hasil charging yang optimal.

Referensi terkait:

About the author

Javier Hamad

Beri Tanggapan

Your email address will not be published. Required fields are marked *

About us

Mobilintec.net is a blog that specializes in discussing the problem of damage to electronic devices and reviewing automotive information.

Popular Posts