Rahasia Gaya Terbaru: 9 Perbedaan Sepatu Kets dan Sneakers yang Mengubah Semuanya

R

9 Perbedaan Sepatu Kets Dan Sneakers Yang Harus Kamu Tahu

Beda sepatu kets dan sneakers – Sepatu kets dan sneakers adalah dua jenis sepatu olahraga yang sangat populer. Meskipun keduanya memiliki fungsi yang sama sebagai alas kaki untuk berolahraga, ada beberapa perbedaan di antara keduanya.

Secara definisi, sepatu kets adalah sepatu dengan bagian atas yang terbuat dari kanvas atau bahan kain tebal. Sepatu kets biasanya memiliki desain yang sederhana dan sol yang tipis agar ringan dipakai. Sepatu kets populer digunakan untuk olahraga ringan lainnya dan juga bisa dipadu badankan dengan tampilan busana anda.

Sedangkan sneakers adalah sepatu olahraga dengan bagian atas yang umumnya terbuat dari kulit, tekstil, atau bahan sintetis. Sneakers memiliki desain yang lebih stylish dibanding sepatu kets. Sol sneakers juga lebih tebal dan memberikan dukungan yang lebih baik untuk kaki saat melakukan aktivitas yang lebih intens. Sneakers cocok digunakan untuk olahraga seperti lari dan olahraga intens lainnya.

Jadi secara singkat, perbedaan utama antara sepatu kets dan sneakers adalah bahan, desain, dan fungsi penggunaannya. Sepatu kets lebih sederhana dan ringan, sementara sneakers lebih stylish dan memberikan dukungan yang lebih baik untuk olahraga intens.

Asal Usul Sepatu Kets dan Sneakers

Asal usul sepatu kets dan sneakers berakar pada abad ke-19 di Amerika Serikat. Sepatu kets pertama kali diproduksi oleh perusahaan bernama U.S Rubber yang membuat sepatu dengan sol terbuat dari karet alam. Mereka dikenal sebagai ‘plimsolls’ di Inggris atau ‘sneakers’ di Amerika karena solnya yang lunak dan tidak menimbulkan suara saat digunakan.

Sebaliknya, sepatu sneakers mulai populer pada tahun 1917 setelah Chuck Taylor, seorang pemain basket profesional, berkolaborasi dengan perusahaan Converse untuk mendesain sepatu khusus untuk olahraga basket. Sepatu ini kemudian dikenal dengan nama ‘Chuck Taylor All Stars’. Pada tahun 1920-1930an, kets dan sneakers semakin populer dan digunakan tidak hanya untuk olahraga tetapi juga sebagai sepatu sehari-hari.

1. Jenis sepatu

Dari apa yang kita baca di atas tentang sejarah sepatu, kita dapat menyimpulkan bahwa sepatu sneakers dan sepatu kets adalah dua jenis sepatu yang berbeda. Sneaker adalah istilah yang mengacu pada jenis alas kaki sedangkan sepatu kets merupakan nama merek alas kaki yang diproduksi oleh produsen sepatu di masanya. Kesimpulannya, sepatu kets adalah variasi dari jenis sepatu sneakers. Meski mirip, kedua sepatu tersebut memiliki asal dan sejarah yang berbeda.

Baca ini  Apa Perbedaan Informatika dan Tik

2. Sepatu kets identik untuk pengguna wanita

Sepatu kets umumnya ditujukan untuk pengguna wanita. Tentu saja merek sepatu Keds berfokus pada sepatu wanita.

Sepatu kets identik untuk pengguna wanita

Jika Anda pergi ke situs web resmi Keds, ada bagian kategori untuk wanita, unisex, dan anak-anak. Dengan tidak adanya koleksi khusus sepatu pria. Tapi pria masih bisa menggunakan lini produk sepatu unisex milik mereka.

3. Sepatu kets lebih casual dan nyaman

Sepatu kets sedikit berbeda. Keds adalah merek sepatu kets casual yang unik. Sepatu kets biasanya digunakan pada cara santai yang tidak formal. Mereka memutuskan untuk menggunakan kanvas dan kain untuk memberikan kenyamanan pada kaki pengguna.sampai saat ini belum ada sepatu kets yang terbuat dari bahan kulit.

4. Sepatu sneakers lebih multifungsi

Sepatu kets menggunakan sol karet dan bagian atas kanvas sehingga umumnya hanya digunakan untuk keperluan santai saja. Sedangkan Sepatu sneakers cukup multifungsi dan dapat dibagi menjadi beberapa kategori seperti: sepatu sneaker tennis, basket dan juga sneaker running.

Sepatu sneakers yang umum digunakan harian adalah koleksi sepatu sneaker gaya athleisure yang cocok dipadu padankan dengan gaya kasual serta serta bisa di padukan dengan beragam gaya model fashion bahkan hingga baju kebaya. Jadi bisa disimpulkan sepatu sneakers memiliki lebih memiliki banyak fungsi dan kegunaan daripada sepatu kets.

5. Bahan pembuatan sepatu sneaker lebih bervariasi

Sedangkan Untuk sepatu sneakers lebih banyak variasi bahan digunakan dalam produksi sepatu. Dengan bantuan berbagai teknologi, sol karet dibuat lebih kompleks untuk meningkatkan pergerakan dan kenyamanan terutama pada sepatu sneaker runing, karena memang sepatu sneakers ini identik dengan sepatu yang diperuntukkan saat berolahraga.

Bahan pembuatan sepatu sneaker lebih bervariasi

Lapisan teratas sepatu sneakers menjadi lebih beragam saat ini. Selain kanvas, primeknit, mesh, kulit asli, dan kulit sintetis juga digunakan sebagai bahan atas pada sepatu sneakers. Tentunya ini merupakan keunggulan tersendiri dibandingkan sepatu kets.

Baca ini  Panduan Lengkap: 6 Cara Simpan Sepatu Agar Tetap Awet Sepanjang Masa!

6. Metode pembuatan sepatu

Metode yang digunakan dalam produksi sepatu sneakers dan sepatu kets mengungkapkan perbedaan lain. Keduanya dibangun dengan persyaratan yang berbeda, baik dari segi teknologi maupun materialnya. Sepatu sneakers sering dirancang dengan bahan yang tahan lama dan teknologi mutakhir terbaru. Ini merupakan fase dalam proses pembuatan sepatu tahan lama yang dapat digunakan untuk aktivitas seperti jogging atau olahraga lainnya.

Ini berbeda dari sepatu kets dimana produksinya lebih mudah dan sederhana dibandingkan dengan sepatu sneakers . karena standar sepatu kets hanya berlaku untuk berjalan dan bersantai saja.

7. Bentuk bantalan sepatu

Kamu bisa membedakan antara sepatu sneakers dan sepatu kets berdasarkan jenis bantalan yang digunakan. Sepatu sneakers menggunakan lebih banyak bantalan untuk mengurangi nyeri tumit. Inilah alasan mengapa sepatu sneakers lebih nyaman dipakai saat berolahraga.

Namun berbeda dengan sepatu kets yang tidak memiliki banyak bantalan, karena memang sepatu kets dikhususkan sebagai sepatu bersantai saja.

8. Berat sepatu

Ternyata antara sepatu kets dan sneakers juga ada perbedaan beratnya. Untuk sepatu kets mereka lebih berat dari sepatu sneakers. Karena bobot ini sepatu kets juga tidak terlalu nyaman untuk dipakai saat berolahraga. Secara keseluruhan sepatu sneakers unggul karena ringan dan sangat nyaman untuk aktivitas yang memerlukan banyak gerakan.

9. Tingkat fleksibilitas

Jika dibandingkan dengan sepatu kets, maka sepatu sneakers jelas lebih fleksibel. Karena sepatu sneakers lebih sering dipakai untuk aktifitas olahraga seperti berlari daripada untuk berjalan. Agar anda dapat memiliki kenyamanan selama memanfaatkan sepatu yang digunakan, maka pastikan jenis sepatu yang akan digunakan sesuai aktivitas yang dilakukan.

10. Kelebihan dan Kekurangan Sepatu Kets dan Sneakers

Kelebihan Sepatu Kets

  • Ringan dan nyaman untuk digunakan sehari-hari.
  • Desain sederhana dan minimalis.
  • Harga terjangkau.
  • Banyak pilihan warna dan model.
  • Cocok untuk gaya santai sehari-hari.

Kekurangan Sepatu Kets

  • Kurang cocok untuk acara formal atau resmi.
  • Kurang tahan lama dibandingkan dengan sepatu kulit.
  • Tidak memiliki gaya yang sama seperti sneakers.

Kelebihan Sepatu Sneakers

  • Desainnya lebih stylish dan modis.
  • Bisa meningkatkan gaya penampilan.
  • Banyak kolaborasi dengan merek terkenal.
  • Menggunakan teknologi dan material canggih.
  • Nyaman digunakan untuk aktivitas olahraga.
Baca ini  Kaki Wangi, Sepatu Wangi! Rahasia 5 Cara Mengatasi Bau Sepatu dan Kaki

Kekurangan Sepatu Sneakers

  • Harganya biasanya lebih tinggi.
  • Memerlukan perawatan khusus agar awet dan bersih.
  • Ukuran dan model terbatas dan cepat habis.
  • Kurang cocok untuk situasi formal.

11. Kenali Fungsi antara Sepatu Kets dan Sneakers

Secara umum, sepatu kets dan sneakers memiliki fungsi yang sama, yaitu sebagai alas kaki untuk berolahraga atau aktivitas ringan sehari-hari. Namun, ada beberapa perbedaan dalam hal fungsi antara keduanya:

  • Sepatu kets umumnya dirancang untuk aktivitas ringan seperti jalan-jalan atau aktivitas outdoor. Sol sepatu kets cenderung lebih tebal dan keras untuk melindungi kaki dari benturan. Sepatu kets juga biasanya menggunakan tali sepatu untuk mengikat agar kaki tetap nyaman saat digunakan beraktivitas.
  • Sneakers dirancang lebih khusus untuk olahraga tertentu seperti basket, atau lari. Sol sneakers biasanya lebih tipis dan fleksibel untuk meningkatkan performa saat berolahraga. Sneakers juga menggunakan pengikat yang ergonomis dan bahan yang menyerap keringat agar kaki tetap nyaman saat digunakan berolahraga. 
  • Dari segi traksi atau grip, sepatu kets memiliki pola sol yang lebih halus dan rata agar nyaman digunakan jalan-jalan. Sementara sneakers memiliki pola sol yang lebih tebal dan beremagnet untuk menciptakan traksi yang kuat saat digunakan olahraga.
  • Sepatu kets umumnya kurang cocok digunakan untuk olahraga intens karena kurang fleksibel dan tidak menyerap keringat dengan baik. Sebaliknya, sneakers kurang cocok dipakai jalan-jalan karena terlalu fleksibel dan kurang melindungi kaki.

Jadi secara garis besar, sepatu kets lebih cocok digunakan untuk aktivitas ringan sehari-hari, sementara sneakers lebih dirancang khusus untuk mendukung performa olahraga yang lebih intens. Perbedaan utama terletak pada fleksibilitas, traksi, dan fitur pendukung seperti penyerap keringat.

Kesimpulan

Dalam memilih jenis sepatu, pertimbangkan kebutuhan Anda. Jika Anda menginginkan sepatu santai dan murah untuk penggunaan sehari-hari, sepatu kets bisa menjadi pilihan yang tepat. Namun jika Anda menginginkan sepatu serbaguna dengan kenyamanan dan performa olahraga yang baik, sepatu sneakers lebih disarankan meski harganya sedikit lebih mahal. Pada akhirnya, pilihan jenis sepatu yang tepat bergantung pada preferensi dan kebutuhan personal masing-masing.

Referensi terkait:

About the author

Javier Hamad

Beri Tanggapan

Your email address will not be published. Required fields are marked *

About us

Mobilintec.net is a blog that specializes in discussing the problem of damage to electronic devices and reviewing automotive information.

Popular Posts