Cara Download Suara Pesan Masuk WhatsApp, Bikin Notif WA Jadi Unik

C

Bagaimana cara download suara pesan masuk WhatsApp (WA)? Bayangkan Anda tinggal di rumah bersama 5 anggota keluarga. Atau, Anda menetap di asrama dengan ratusan orang.

Notifikasi pesan masuk di WA akan terdengar identik dengan notifikasi pesan dari ponsel lainnya. Akibatnya, Anda acap tidak sadar saat seseorang mengirimi pesan baru.

Karena itulah, tak ada salahnya membuat sendiri notifikasi inbox untuk aplikasi tersebut. Apalagi memilih ringtone dan suara notifikasi secara custom juga cukup menyenangkan.

Coba bayangkan, serunya dibangunkan dengan kata-kata romantis saat ada pesan WA baru. Anda juga bisa lucu-lucuan membuat notifikasi khusus yang dapat mengundang tawa.

Cara Download Suara Pesan Masuk WhatsApp dengan Soundoftext

Daripada makin penasaran, yuk langsung saja ikuti langkah-langkah membuat notifikasi WA baru di bawah ini. Website konversi teks ke suara yang kami gunakan adalah Sound of Text.

Baca ini  Ini Arti Plat Nomor BE dan Daftar Wilayahnya

Buka Website Sound of Text

Langkah pertama Cara Download Suara Pesan Masuk Whatsapp

Pertama-tama, buka dulu situs Sound of Text di soundoftext.co.id. Perlu diketahui, Sound of Text adalah salah satu website pengubah teks ke suara yang pioner di bidangnya.

Meski fiturnya terbatas, namun website ini gratis. Jadi Anda bisa memakainya secara unlimited. Suara yang dihasilkan sendiri sama dengan suara yang bisa didengar di Google Translate.

Atur Setting

Seperti dijelaskan di atas, tidak banyak fitur yang tersedia di soundoftext. Anda hanya memiliki pilihan beberapa jenis bahasa tanpa bisa mengatur nada, volume, ataupun kecepatan suara.

Jadi untuk mulai membuat suara notif baru, langsung saja ketik pesan yang ingin di-convert jadi file suara. Pilih Bahasa Indonesia bila Anda ingin menggunakan suara berbahasa Indonesia.

Buat Suara yang Diinginkan

Cara membuat suara notif WA

Be creative! Ada beragam suara yang bisa Anda hasilkan. Misalnya, agar pesan WA lebih cepat dibuka, Anda bisa menulis, “Cepetan! Buka pesan W A sekarang!”

Baca ini  Oppo A37's Charging Problems Solved: Say Goodbye to Slow Charging and Non-Charging Woes!

Selain itu, Anda juga bisa berkreasi dengan kalimat yang lebih menarik. Contoh, Anda sering lupa membuka WhatsApp saat sedang asyik bergosip. Maka untuk notif pesan masuk Anda bisa menulis, “Stop gibah! Buka W A dulu!”

Selain Bahasa Indonesia, Anda juga bisa lho membuat notifikasi dengan bahasa lain. Sebagai penyuka Jejepangan, misalnya, Anda bisa membuat notif inboks WA dengan Bahasa Jepang.

Anda hanya perlu membuka Google translate lalu copy hasil terjemahannya untuk dijadikan suara di soundoftext.

Simpan Voice di Internal Storage

Cara download suara pesan masuk WhatsApp berikutnya persis sama dengan judul artikel ini. Ya, Anda tinggal mengunduh dan menyimpan file suara yang sudah jadi.

Setelah tombol Convert to Voice ditekan, akan muncul opsi untuk memainkan dan mengunduh file tersebut. Silahkan pilih unduh jika hasilnya sudah sesuai keinginan.

Baca ini  Gak Cuma Keren, HP OPPO Ini Punya Kamera Bagus dan RAM Besar!

Tapi ingat, jangan sekedar menyimpan file di sembarang folder ya. Simpan file tersebut di internal storage HP lalu pilih folder Notications.

Buka WA

Setting Wa 1

Setelah file suara notifikasi WA dimiliki, buka aplikasi tersebut, lalu klik ikon 3 titik. Berikutnya pilih setting atau pengaturan.

Setelah itu, pilih Notifications dan Notifications Tone. Voila, Anda tinggal memilih file yang sudah diunduh sebelumnya.

Cek Bagus Tidaknya Suara

Terakhir, Anda tinggal mengecek bagus dan tidaknya suara notifikasi baru yang dihasilkan. Coba cek nada, aksen, dan kata-katanya.

Sekiranya sudah sesuai keinginan, maka Anda tak perlu mengubahnya. Namun bila kurang bagus atau kata-katanya ternyata aneh, buat saja lagi mulai dari langkah awal di atas.

Nah, kira-kira begitulah cara download pesan masuk WhatsApp. Mudah, seru, dan asyik, bukan?

About the author

Javier Hamad

Beri Tanggapan

Your email address will not be published. Required fields are marked *

About us

Mobilintec.net is a blog that specializes in discussing the problem of damage to electronic devices and reviewing automotive information.

Popular Posts