Setrika Gosong dan Lengket pada Pakaian? Bersihkannya dengan 4 Bahan Alami Ini

S

Cara Membersihkan Setrika Gosong

Saat menyetrika, tentu sudah pernah mengalami kejadian di mana ujung setrika menjadi gosong dan menempel pada pakaian. Hal ini tentu sangat mengganggu dan bisa merusak pakaian. Oleh karena itu, penting untuk mengetahui cara membersihkan setrika yang gosong dan lengket agar tetap awet dan nyaman digunakan. 

Pada artikel ini Mobilintec Team akan berbagai tips praktis Cara Membersihkan Setrika Gosong dan lengket dengan menggunakan bahan-bahan alami yang mudah ditemukan di dapur. Selain itu juga akan dibahas cara mencegah agar setrika tidak gosong dan lengket saat menyetrika.

Sebab Utama Setrika Gosong Dan Menjadi Lengket

Setrika gosong dan lengket bisa terjadi karena beberapa sebab. Berikut beberapa penyebab yang sering mengakibatkan setrika menjadi gosong dan lengket:

1. Terlalu panas

Salah satu penyebab utama setrika menjadi gosong dan lengket adalah suhu yang terlalu panas saat menyetrika. Jika suhu setrika terlalu tinggi, permukaan setrika akan cepat terbakar dan gosong. Hal ini juga dapat membuat sisa kotoran melekat erat pada permukaan setrika. Atur suhu setrika sesuai jenis kain yang disetrika.

2. Terkena sisa kotoran dari pakaian 

Sisa kotoran seperti minyak, keringat, atau makeup pada pakaian bisa menempel dan melekat erat pada permukaan setrika. Lama-kelamaan sisa kotoran ini akan membentuk lapisan gosong yang sulit dibersihkan. Pastikan pakaian sudah bersih sebelum disetrika.

3. Terlalu lama diam di satu tempat

Jika setrika terlalu lama berada di satu titik pada permukaan meja setrika atau pakaian, panas yang berlebih pada satu titik tersebut dapat membuat setrika gosong dan lengket. Usahakan selalu menggerakkan setrika saat menyetrika dan jangan biarkan terlalu lama diam di satu tempat.

4. Kurang perawatan

Setrika yang jarang dibersihkan atau di-service juga rentan gosong dan lengket. Sisa kotoran dan kerak akan terakumulasi pada permukaan setrika seiring waktu. Lakukan pembersihan setrika secara rutin dan service jika diperlukan.

Demikian beberapa penyebab utama mengapa setrika bisa menjadi gosong dan lengket. Dengan mengetahui penyebabnya, kita bisa lebih berhati-hati saat menyetrika agar setrika tetap bersih dan awet.

Baca ini  Bikin Sound of Text Indonesia Perempuan dari yang Sopan sampai Ceria

Bahan Alami untuk Membersihkan Setrika

Ada beberapa bahan alami yang bisa digunakan untuk membantu membersihkan setrika yang gosong dan lengket. Bahan-bahan ini aman digunakan dan ramah lingkungan.

1. Cuka

Cuka dapur adalah bahan yang paling sering direkomendasikan untuk menghilangkan noda gosong pada setrika. Caranya cukup oleskan cuka pada bagian setrika yang gosong, diamkan beberapa saat, lalu bersihkan dengan kain. Cuka putih atau cuka apple cider sangat efektif untuk ini.

2. Soda Kue

Baking soda atau soda kue juga bisa membantu menghilangkan noda gosong pada setrika. Caranya dengan membuat pasta dari soda kue dan air. Oleskan pasta ini pada bagian setrika yang gosong, biarkan meresap sebentar, lalu bersihkan. Sifat abrasif dari soda kue akan membantu mengangkat noda gosong dari setrika.

3. Garam

Garam dapur juga bisa digunakan untuk menghilangkan noda gosong dengan cara yang sama seperti soda kue. Buat pasta dari garam dan air, oleskan pada bagian yang gosong, diamkan beberapa saat, lalu bersihkan.

4. Jeruk Nipis/Lemon

Jeruk nipis dan lemon memiliki sifat asam yang mampu menghilangkan noda. Caranya dengan mengoleskan air jeruk nipis/lemon pada bagian setrika yang gosong, lalu diamkan beberapa saat sebelum dibersihkan. Air jeruk nipis/lemon baik untuk merontokan kerak gosong pada setrika.

Itulah beberapa bahan alami yang bisa dimanfaatkan untuk membersihkan setrika gosong. Gunakan bahan-bahan ini secara berkala agar setrika tetap bersih dan bebas noda.

Cara Membersihkan Setrika Gosong 

Setrika yang gosong dan berkerak dapat menyulitkan saat menyetrika pakaian. Namun ada beberapa cara sederhana yang bisa dilakukan untuk membersihkannya. 

Gunakan amplas halus dengan ukuran Nomor = 1000 untuk mengikis lapisan gosong pada setrika. Usahakan menggosok secara perlahan agar tidak menggores permukaan setrika. Soda kue juga bisa digunakan untuk menghilangkan kerak gosong. Oleskan soda kue pada bagian yang gosong, diamkan beberapa saat lalu gosok dengan sikat gigi atau kain. Sikat gigilah secara perlahan agar tidak menggores setrika. 

Baca ini  SOS: Lost Signal on Android? Discover the 5 Secret Remedies!

Cara lainnya adalah dengan menaburkan garam halus pada bagian yang gosong kemudian gosok menggunakan lap kering. Garam dapat bertindak sebagai pembersih alami. Ulangi beberapa kali hingga lapisan gosong hilang. 

Bila masih belum bersih, anda bisa mencoba pasta gigi sebagai alternatif pembersih alami. Oleskan pasta gigi tipis pada bagian gosong, diamkan 5-10 menit lalu gosok perlahan dengan sikat gigi kering. Bilas dengan air bersih dan lap kering.

Usahakan membersihkan setrika gosong segera agar tidak semakin parah. Gunakan bahan alami yang aman agar tidak merusak permukaan setrika. Dengan sedikit usaha, setrika gosong bisa kembali bersih dan siap digunakan.

Cara Menghilangkan Noda Lengket Pada Pakaian Akibat Setrika

Noda lengket pada pakaian akibat setrika yang menempel bisa sangat mengganggu. Namun tenang saja, ada beberapa cara mudah untuk menghilangkan noda lengket dari pakaian:

  • Oleskan minyak goreng atau minyak sayur pada noda lengket, lalu diamkan beberapa saat agar minyak meresap dan melarutkan noda. Setelah beberapa saat, cuci pakaian seperti biasa. Minyak dapat melumasi dan melepaskan noda lengket dari serat kain.
  • Oleskan cuka putih atau cuka sari apel di area noda lengket. Cuka bersifat asam sehingga dapat membantu menghilangkan noda. Diamkan beberapa saat agar cuka meresap, lalu cuci pakaian. Pastikan tidak langsung mencium bau cuka setelah pakaian kering.
  • Gunakan pasta gigi putih tanpa mint di noda lengket, gosok lembut menggunakan sikat gigi. Pasta gigi mengandung bahan pemutih yang dapat membantu menghilangkan noda. Bilas dengan air sampai noda hilang.
  • Taburkan garam halus atau garam dapur pada noda, lalu gosok dengan lembut menggunakan sisi handuk yang lembut. Garam dapat mengangkat dan menarik noda lengket dari serat kain. Bilas dengan air sampai bersih.
  • Oleskan lilin candle di atas noda lengket, lalu setrika area noda sampai lilin meresap. Setelah dingin, sikat perlahan lilin bersama noda. Lalu cuci pakaian seperti biasa. Panas dari setrika dan sifat pelumas lilin dapat melepaskan noda dari kain.
Baca ini  How To Hide Apps On Your Mobile Phone And Find Them Later?

Dengan bahan sederhana dari dapur atau kamar mandi, noda lengket pada pakaian dapat dihilangkan. Diamkan bahan pembersih beberapa saat agar meresap sebelum mencuci pakaian agar noda benar-benar terangkat.

Cara Mencegah Setrika Gosong 

Mencegah lebih baik daripada mengobati. Ada beberapa cara mudah yang dapat dilakukan untuk mencegah agar setrika tidak gosong dan membuat noda lengket pada pakaian:

  1. Atur suhu setrika pada tingkat yang sesuai. Jangan terlalu tinggi agar tidak mudah gosong. Baca petunjuk pemakaian pada setrika untuk mengetahui suhu yang tepat.
  2. Bersihkan sisa kotoran pada setrika sebelum dan sesudah digunakan. Sisa kotoran dapat membakar dan menempel. Gunakan kain lembut untuk mengelap setrika. 
  3. Oleskan lilin pada bagian bawah setrika. Lilin dapat melindungi agar setrika tidak lengket. Gunakan lilin khusus untuk setrika. 
  4. Letakkan kain atau lap pada papan setrika. Kain dapat mencegah bagian bawah setrika langsung kontak dengan pakaian.
  5. Periksa pakaian sebelum disetrika. Pastikan tidak ada kancing, risleting atau benda keras lain yang dapat menggores setrika.
  6. Jangan menekan terlalu kuat saat menyetrika. Tekanan berlebih dapat membuat setrika mudah gosong dan lengket.
  7. Istirahatkan setrika beberapa saat jika terasa panas berlebih. Diamkan hingga suhu turun.
  8. Ganti setrika jika bagian bawah sudah mulai gosong dan sulit dibersihkan kembali.

Kesimpulan & Saran

Mencegah setrika gosong dan lengket adalah langkah terbaik. Namun jika Anda sudah mengalaminya, jangan khawatir. Beberapa saran dan tips praktis yang telah Mobilintec Team berikan pada penjelasan diatas tentunya bisa menjadi cara membersihkan setrika gosong yang ampuh dan juga efektif. Semoga informasi ini bermanfaat dan menjadikan setrika anda selalu bisa digunakan secara optimal tanpa kendala!

Referensi terkait:

About the author

Javier Hamad

Beri Tanggapan

Your email address will not be published. Required fields are marked *

About us

Mobilintec.net is a blog that specializes in discussing the problem of damage to electronic devices and reviewing automotive information.

Popular Posts