Headset Sebelah Kanan dan Kiri Mati? Jangan Panik! Ini Solusinya

H

Cara Memperbaiki Headset Mati Sebelah

Cara Memperbaiki Headset, Earphone, Earbud Mati Sebelah – Pada dasarnya, headset atau earphone memiliki 2 desain yang sering kita dijumpai, ada yang menggunakan koneksi kabel dan juga Wireless Bluetooth bahkan Wifi.

Untuk headset yang menggunakan koneksi bluetooth ini memiliki baterai yang berfungsi sebagai pengisi daya. Ketika headset ini tidak digunakan atau terhubung ke charger, baterainya akan habis dan headset akan mati bahkan audio yang dikeluarkan juga bisa tidak maksimal dan melemah.

So, pada artikel ini Mobilintec Team akan mengulas apa saja penyebab suara headset atau earphone mati sebelah, serta solusi perbaikan nya, agar bisa membantu kamu yang sedang mengalami kendala pada headset yang rusak dan juga audio nya mati sebelah.

Penyebab apa saja yang membuat headset mati sebelah kanan atau kiri

Pada dasarnya, headset yang mati sebelah ini merupakan kerusakan akibat pengaruh iklim dan cara pemakaian. Selain itu, ada beberapa hal lain yang bisa membuat headset mati sebelah.

Kerusakan akibat pengaruh iklim yaitu ketika headset terkena panas atau dingin secara tiba-tiba. Hal ini bisa mengakibatkan kerusakan karena kelembaban dan membuat komponen di dalam headset menjadi korosi. 

Selain itu, ada beberapa hal lain yang bisa membuat headset mati sebelah, seperti berikut ini:

  • kabel headset yang terbelit tidak beraturan
  • Terdapat kotoran pada Lobang jack audio perangkat smartphone atau perangkat audio lainya 
  • Lubang headset yang tertutup kotoran atau debu
  • Baterai headset bluetooth yang mulai soak
Baca ini  Kulkas Anda Bermasalah: Lampu Nyala, Tapi Kulkas Tidak Dingin? Kami Punya Jawabannya!

Cara terbaik untuk membenarkan headset, earphone mati di sebelah

Jika headset anda mati, dan tidak bisa dijalankan, anda dapat memperbaiki headset dengan cara sebagai berikut:

1. Periksa kembali pengaturan audio dan kabel. Pastikan kabel ini masih terhubung dengan perangkat audio maupun ponsel.

2. Anda harus membuka bagian belakang atau punggung headset, dan mencari komponen yang ada disana. Pastikan bahwa semua komponen itu masih terhubung dengan baik ke perangkat.

Cara Memperbaiki Headset, Earphone, Earbud Mati Sebelah
Cara Memperbaiki Headset, Earphone, Earbud Mati Sebelah

3. Periksa setiap sambungan kabel yang ada, jika terdapat kabel yang terputus bisa dilakukan solder ulang (penyambungan) kembali.

Kabel headset putus menyebabkan suara mati sebelah
Kabel headset putus menyebabkan suara mati sebelah

4. Bersihkan lobang jack audio pada perangkat smartphone maupun perangkat audio lainya dengan menggunakan cotton bud serta cairan alkohol, thinner atau minyak kayu putih.

Bersihkan lobang jack audio headset
Bersihkan lobang jack audio headset

5. Setelah memperbaiki headset ini, Anda harus menghidupkan kembali perangkat, dan lakukan pengujian kembali pada fungsi headset.

Bagaimana cara perbaiki earpod yang rusak di sebelah?

Earpod adalah bagian penting dari kehidupan kita karena mereka menghubungkan kita dengan dunia. Earpods telah menjadi kebutuhan bagi banyak orang dan itu bukan hanya karena kualitas suaranya. Mereka adalah cara untuk membedakan diri kita dalam masyarakat, memamerkan rasa gaya kita, dan mengekspresikan diri.

Baca ini  Causes Of Mobile Phone No Network And How To Fix

Tapi apa yang terjadi ketika earpods rusak? Bagaimana kita bisa memperbaikinya? Apa yang harus kita lakukan jika kita tidak dapat memperbaiki atau menggantinya?

Di bagian ini, kita akan mengeksplorasi cara memperbaiki earpods yang rusak di satu sisi dengan beberapa langkah sederhana.

Bagaimana saya bisa membuat headphone dan Earpod saya berfungsi lagi?

Ketika headphone dan Earpod Anda berfungsi lagi, Anda harus memeriksanya untuk melihat apakah ada kabel yang terputus. Jika tidak ada kabel yang terputus, maka sebaiknya Anda memeriksanya dengan teliti dan pilihannya adalah

  • Mengganti kabel earpod
  • Menghubungkan kembali bagian kabel yang terputus
  • Mengganti baterai.

Namun jika kondisi kerusakan pada Earpod cukup parah dan kamu tetap ingin menggunakan nya , sebaiknya bawa Earpod kesayangan anda ke jasa service elektronik yang terpercaya, agar teknisi bisa memeriksa kerusakan apa yang terjadi dan memberikan rincian biaya perbaikan yang harus kamu bayar nantinya.

Tips menjaga headset atau earphone agar tetap berfungsi secara normal

Banyak sekali cara yang bisa dilakukan untuk menjaga headset atau earphone agar tetap berfungsi secara normal. Berikut ini adalah beberapa tips untuk menjaga headset atau earphone agar tetap berfungsi secara baik.

1. Gunakanlah headset dan earphone setiap saat Anda memang benar-benar ingin menggunakan nya.

Baca ini  8 Best Soundbar Brands To Replace Home Theatre

2. Janganlah pasangkan volume pada telinga Anda lebih besar dari yang diperlukan, hal itu bisa mengganggu pendengaran kamu dan juga mempercepat kerusakan pada membran speaker pada headset.

3. Jika kamu menggunakan headset berjenis kabel, pastikan selalu menggulung kabel headset dengan rapi setelah menggunakan nya.

Menggulung kabel headset dengan rapi
Menggulung kabel headset dengan rapi

4. Lakukan pembersihan pada lobang headset, earphone, earpod secara rutin dengan batuan cotton bud, tisu dan sikat gigi bekas Agar kotoran tidak menyumbat lobang output audio.

Lakukan pembersihan pada lobang headset
Lakukan pembersihan pada lobang headset

5. Jika kamu menggunakan headset dengan koneksi wifi atau bluetooth, sebaiknya selalu isi daya baterai pada headset jika sudah melemah. Jangan biarkan headset dalam kondisi baterai yang kosong dalam jangka waktu yang lama, karena akan membuat headset bluetooth akan susah menyala kembali bahkan rusak.

Nah, itulah beberapa tips dan cara sederhana yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi atau membetulkan headset, earphone, headphone, earpod yang mati sebelah. 

Tentunya cukup disayangkan jika kamu memiliki produk headset dengan harga mahal namun secara tiba-tiba mengalami kendala dan kerusakan akibat kesalahan pemakaian dan kurangnya perawatan.

Semoga dengan adanya tips yang Mobilintec Team berikan ini bisa bermanfaat bagi kamu semua yang sedang mengalami kendala dan kerusakan pada headset, earphone dan earbud yang digunakan.

Referensi terkait:

About the author

Javier Hamad

Beri Tanggapan

Your email address will not be published. Required fields are marked *

About us

Mobilintec.net is a blog that specializes in discussing the problem of damage to electronic devices and reviewing automotive information.

Popular Posts