4 Cara Terbaik Memperbaiki Oppo A31 Layar LCD Gelap No Backlight

4

4 Cara Terbaik Memperbaiki Oppo A31 Layar LCD Gelap No Backlight

Cara Memperbaiki Oppo A31 Layar LCD Gelap No Backlight – Halo, pengguna setia Smartphone Android Oppo A31, Kami tahu bahwa Anda mencintai smartphone ini karena kualitasnya yang istimewa dan harganya yang terjangkau. Namun, seperti semua perangkat elektronik, Ponsel Oppo A31 juga bisa menghadapi masalah seiring berjalannya waktu. 

Salah satu permasalahan yang sering dihadapi oleh pengguna adalah masalah pada layar ponsel yang mati atau gelap. Jangan khawatir, dalam artikel ini, kami akan membahas berbagai penyebab masalah ini dengan lebih rinci dan memberikan panduan langkah demi langkah tentang cara mengatasi masalah no backlight atau layar ponsel mati pada smartphone Oppo A31.

Penyebab Masalah layar gelap (No Backlight) di Hp Oppo A31

Saat masalah layar gelap terjadi pada Oppo A31, tentunya LCD tidak akan menampilkan gambar bahkan hanya hitam saja, meskipun ponsel masih berfungsi, seperti menerima panggilan dan mengeluarkan suara lainnya. Ini menandakan bahwa masalahnya terletak pada cahaya lampu di bagian dalam LCD atau sumber tegangan yang memberikan supply tegangan ke lampu LED pada LCD ponsel, bukan pada bagian komponen lainya. Berikut adalah beberapa alasan umum mengapa backlight ponsel Oppo A31 bisa mengalami masalah:

1. Kerusakan pada Perangkat Keras

Kerusakan fisik, seperti jatuh atau benturan, dapat merusak jalur pencahayaan LCD backlight atau komponen lainnya pada perangkat smartphone Android.

2. Masalah pada Konektor LCD

Jika konektor LCD kendor atau rusak, itu dapat memutuskan hubungan antara layar dan motherboard, yang akan mengakibatkan gambar maupun cahaya pada LCD tidak berfungsi dan tampil.

Baca ini  Cara Kilat Matikan Sensor Proximity Samsung: Rahasia Ini Patut Kamu Coba!

3. IC (Integrated Circuit) Backlight bermasalah

Backlight atau sumber pencahayaan pada LCD ponsel diatur oleh sebuah IC serta komponen pendukung lainya. Jika komponen ini mengalami kerusakan, itu dapat menyebabkan masalah pada cahaya lampu di dalam LCD ponsel Android.

4. Masalah Perangkat Lunak

Kadang-kadang, masalah perangkat lunak atau pembaruan yang salah bisa menyebabkan ketidaknormalan pada sistem kerja Backlight pada layar LCD di sebuah perangkat Smartphone.

Apa itu LCD dan Backlight pada Oppo A31?

Sebelum kita melangkah ke solusi perbaikan, mari kita pahami lebih dalam apa itu backlight. Dalam konteks smartphone, lampu latarbelakang atau Backlight adalah fitur yang membuat layar ponsel terang sehingga pengguna dapat melihat semua konten dan menu yang ditampilkan pada ponsel. 

Ketika sumber cahaya didalam LCD berhenti berfungsi, layar ponsel tentunya akan gelap. Selain kerusakan perangkat keras, kesalahan program, atau kerusakan fisik lainnya juga dapat menyebabkan masalah pada sistem pencahayaan pada sebuah LC ponsel.

Solusi untuk Masalah No Backlight pada Hp Oppo A31

Sekarang, kita akan membahas solusi dengan lebih lengkap. Untuk mengatasi masalah dengan no backlight pada Oppo A31, langkah pertama yang dapat Anda lakukan adalah pemeriksaan pada modul LED yang ada pada LCD. Ini akan membantu Anda menentukan apakah LED backlight LCD masih berfungsi dengan baik atau tidak. 

Baca ini  Ponsel Realme Bermasalah? Ini Cara Ampuh Mengatasi Layar Mati Saat Telepon WhatsApp

Anda dapat menggunakan multimeter untuk memeriksa LED dengan lebih detail, namun pastikan untuk berhati-hati agar tidak merusak koneksi kabel fleksibel LCD. Namun Jika masalah masih berlanjut, Anda perlu mencari solusi lain dan menentukan komponen yang tepat pada papan PCB Mainboard.

Berikut adalah panduan langkah demi langkah yang lebih terperinci jika backlight pada Oppo A31 Anda mengalami masalah:

1. Ganti Layar

Jika layar Anda rusak atau pecah, mengganti komponen LCD dengan yang baru dan berfungsi bisa menjadi pilihan terbaik.

2. Periksa Kabel dan Konektor LCD

Jika Backlight pada ponsel Oppo A31 Anda tidak berfungsi karena korosi atau kerusakan akibat air, Anda mungkin perlu membongkar ponsel dan memeriksa kabel serta konektor LCD. Masalah ini bisa diatasi dengan membersihkan korosi dan memperbaiki jalur yang rusak menggunakan teknik jumper atau solder pada pin kaki konektor LCD.

3. Periksa dan Ganti Komponen Internal

Oppo A31 Layar LCD Gelap No Backlight
Oppo A31 No Backlight Display Solution

Jika LCD dan jalur tampilan dalam kondisi baik tetapi masalah No backlight pada Ponsel Android OPPO A31 masih berlanjut, mungkin ada komponen internal yang menjadi penyebabnya. Untuk membantu mengidentifikasi dan memperbaiki masalah, Anda dapat merujuk pada panduan serta skematik yang telah Mobilitec Team berikan.

Baca ini  Simak, 9 Cara Terbaru Membedakan Sepatu Converse Asli dari KW

4. Periksa Setiap Komponen yang Rusak

Pastikan untuk memeriksa setiap komponen yang rusak. Gantilah komponen yang ditemukan rusak dengan yang memiliki tipe dan nilai yang sama. Perhatikan dioda, kapasitor, coil dan komponen lainya sesuai dengan panduan diagram skematik yang telah kami berikan.

Selain itu ukur dan periksa juga setiap jalur yang terhubung pada masing2 komponen apakah terhubung dengan baik atau ada jalur yang terputus, jik terdapat jalur komponen yang terputus maka bisa dilakukan tindakan dengan cara jumper jalur.

Kesimpulan

Dalam artikel ini, kami telah membahas masalah No backlight pada smartphone Android Oppo A31 dengan lebih detail dan memberikan panduan lengkap untuk mengatasinya. Jika Anda mengikuti langkah-langkah di atas, Anda seharusnya dapat menemukan dan memperbaiki masalah penyinaran pada perangkat Anda. 

Sebelum mencoba solusi yang lebih kompleks, pastikan untuk mencoba hal-hal sederhana seperti mengubah pengaturan tampilan dan me-restart perangkat Anda. Jika semua upaya tersebut tidak membuahkan hasil, disarankan untuk berkonsultasi ke ahli service ponsel yang terpercaya atau bisa membawa ponsel Oppo milik anda ke OPPO service center agar masalah Anda dapat diidentifikasi dan diperbaiki dengan tepat.

Semoga artikel ini membantu Anda mengatasi masalah No Backlight pada Oppo A31 Anda! Jangan ragu untuk mencoba solusi di atas. Selamat mencoba, dan semoga Oppo A31 Anda segera bisa normal kembali!

Referensi terkait:

About the author

Javier Hamad

Beri Tanggapan

Your email address will not be published. Required fields are marked *

About us

Mobilintec.net is a blog that specializes in discussing the problem of damage to electronic devices and reviewing automotive information.

Popular Posts