Menghilangkan Garis Hitam di Layar Hp Dengan 5 Cara Ampuh Ini

M

Cara Menghilangkan Garis Hitam di Layar Hp Dengan 5 Cara Ampuh Ini

Cara Menghilangkan Garis Hitam vertikal atau horizontal di Layar Hp – Garis hitam di layar ponsel adalah masalah umum yang terjadi pada banyak merk Hp seperti Xiaomi, Oppo, Vivo, Realme, Sony Xperia, Samsung, Nokia, Poco, HTC dan brand ponsel smartphone lainya. Garis hitam ini bisa muncul sebagai garis vertikal atau horizontal yang melintang di layar HP Anda. Beberapa penyebab umum munculnya garis hitam di layar ponsel antara lain:

  • Kerusakan pada panel LCD atau Layar sentuh akibat terkena tekanan berlebih atau benturan.
  • Masalah pada soket konektor maupun kabel fleksibel yang menghubungkan layar ke motherboard ponsel.
  • Ketidaksejajaran antara digitizer dan LCD di balik layar sentuh.
  • Masalah pada proses manufaktur layar ponsel.

Garis hitam yang muncul di layar HP dapat mengganggu penggunaan perangkat dan menurunkan kualitas tampilan. Oleh karena itu penting untuk mengetahui cara menghilangkan garis hitam di layar ponsel agar fungsi normal dapat kembali.

I. Bersihkan Layar Ponsel Smartphone

Bersihkan Layar Ponsel Smartphone

Membersihkan layar ponsel secara berkala adalah cara paling dasar namun efektif untuk menghilangkan garis hitam di layar. Gunakan kain microfiber khusus untuk membersihkan perangkat elektronik. Jangan gunakan kain kasar atau handuk karena dapat menggores layar.

Sebelum membersihkan, matikan ponsel dan putuskan koneksi charger. Usap layar dengan lembut menggunakan kain microfiber yang sudah dibasahi sedikit air bersih. Jangan menyemprotkan cairan pembersih secara langsung ke layar karena dapat merusak komponen internal ponsel.

Hindari menggunakan bahan kimia seperti alkohol, thinner atau pembersih kaca karena dapat merusak lapisan oleophobic pada layar. Bahan-bahan ini juga dapat meninggalkan residu yang menarik debu dan kotoran.

Setelah membersihkan, pastikan layar HP benar-benar kering sebelum menghidupkan kembali ponsel. Membersihkan layar ponsel secara rutin dapat mencegah timbulnya garis hitam dan menjaga layar tetap jernih.

II. Periksa Aplikasi yang Terpasang Pada HP

Beberapa aplikasi terkadang dapat menyebabkan masalah pada perangkat termasuk munculnya garis hitam. Sebaiknya Anda memeriksa semua aplikasi yang terpasang di ponsel dan menghapus yang tidak lagi digunakan atau mencurigakan. Berikut langkah-langkah untuk memeriksa dan menghapus aplikasi di ponsel Android:

  • Buka pengaturan ponsel
  • Pilih menu aplikasi
  • Periksa daftar semua aplikasi yang terpasang
  • Tekan dan tahan pada aplikasi yang ingin dihapus
  • Pilih uninstall

Beberapa aplikasi bawaan tidak dapat dihapus, Anda hanya bisa menonaktifkannya. Pastikan untuk menonaktifkan aplikasi bawaan yang tidak digunakan. Dengan membersihkan aplikasi yang tidak perlu, performa ponsel akan lebih optimal sehingga dapat mengurangi masalah seperti munculnya garis hitam pada LCD HP.

Baca ini  Unbelievable Secrets Revealed: The 6 Best Cellphone Security Tips You Must Try!

III. Perbarui Perangkat Lunak Ponsel

Perbarui Perangkat Lunak Ponsel

Perbarui perangkat lunak ponsel Anda ke versi terbaru merupakan cara jitu untuk menghilangkan garis hitam di layar. Produsen ponsel secara berkala merilis pembaruan perangkat lunak yang mengandung perbaikan bug dan peningkatan performa karena bisa saja munculnya garis hitam pada layar HP di sebabkan error sistem atau Bug. Dengan menginstal pembaruan terbaru, Anda dapat memperoleh perbaikan untuk berbagai masalah termasuk garis hitam di layar.

Pembaruan perangkat lunak biasanya dapat dilakukan melalui pengaturan ponsel. Masuk ke menu pengaturan, pilih opsi pembaruan perangkat lunak lalu unduh dan instal update terbaru yang tersedia. Pastikan ponsel Anda terhubung ke koneksi wifi yang stabil agar proses unduh dan instalasi berjalan lancar.

Setelah pembaruan selesai, restart ponsel untuk memastikan perubahan berlaku. Periksa apakah garis hitam di layar sudah menghilang. Jika belum, coba lakukan uninstall dan reinstall aplikasi yang mungkin menyebabkan masalah untuk membersihkan data dan cache.

Rutin lakukan update perangkat lunak ponsel Anda agar performa tetap optimal, bug terbaru diperbaiki dan fitur terkini dapat dinikmati. Ini akan membantu menghilangkan berbagai masalah termasuk munculnya garis hitam di layar ponsel.

IV. Atur Ulang Pengaturan Ponsel

Atur Ulang Pengaturan Ponsel

Salah satu cara menghilangkan garis hitam di layar ponsel Android adalah dengan mengatur ulang pengaturan default pabrik perangkat. Pengaturan ulang pabrik akan mengembalikan ponsel ke pengaturan awal saat pertama kali dibeli.

Ini akan menghapus semua aplikasi dan data yang terpasang setelah pembelian. Pengaturan yang disesuaikan pengguna termasuk wallpaper dan akun akan dihapus. Sebaiknya backup data penting sebelum melakukan pengaturan ulang pabrik. Berikut cara melakukan pengaturan ulang pabrik ponsel Android:

  1. Buka pengaturan ponsel
  2. Pilih opsi Cadangkan & Atur ulang
  3. Pastikan lakukan Backup data terlebih dahulu (ingat email & kata sandi)
  4. Pilih Pengaturan Ulang Pabrik
  5. Ikuti petunjuk di layar untuk mengkonfirmasi pengaturan ulang pabrik
  6. Tunggu proses pengaturan ulang selesai hingga ponsel restart

Proses ini akan mengembalikan perangkat ke kondisi saat pertama kali dibeli. Garis hitam di layar ponsel kemungkinan besar akan hilang setelah pengaturan ulang pabrik ini. Jika masih muncul, coba bersihkan layar menggunakan kain mikrofiber. Hindari menekan layar terlalu kuat agar garis tidak muncul lagi.

V. Ganti LCD Yang Baru

Ganti LCD yang baru

Bila garis muncul tiba-tiba dan tak kunjung hilang meski sudah mencoba berbagai cara, kemungkinan besar garis tersebut permanen pada layar sentuh ponsel. Garis permanen biasanya disebabkan oleh kerusakan pada lapisan layar sentuh akibat terkena tekanan atau benturan keras. Selain itu, umur pemakaian yang panjang juga bisa menyebabkan lapisan layar rusak dan muncul garis hitam permanen.

Baca ini  4 Cara Terbaik Memperbaiki Oppo A31 Layar LCD Gelap No Backlight

Jika garis permanen sudah terlanjur muncul, satu-satunya cara adalah mengganti layar LCD ponsel dengan yang baru. Mengganti layar tentu memerlukan biaya, tapi ini bisa menjadi solusi paling efektif untuk menghilangkan garis hitam secara total pada layar HP.

Proses penggantian layar tentu harus dilakukan di tempat servis Hp terpercaya atau ke dealer resmi sesuai brand HP yang anda miliki agar mendapatkan kualitas dan garansi layar yang baik. Jangan mencoba mengganti sendiri karena tingkat kesulitan cukup tinggi dan berisiko menambah kerusakan pada ponsel smartphone milik anda.

Dengan mengganti layarLCD ponsel yang rusak, Anda bisa mendapatkan tampilan layar ponsel seperti baru lagi. Pastikan memilih layar dengan kualitas dan garansi baik agar tidak cepat rusak lagi.

Tips Untuk Meminimalisir Munculnya Garis Vertikal dan Horizontal Pada Layar Hp

Setelah kita membahas cara menghilangkan garis hitam di layar hp, tentu saja anda tidak ingin masalah kerusakan ini terjadi lagi di kemudian hari. berikut ini ada beberapa panduan dan tips yang bisa anda terapkan untuk menjaga kondisi layar HP anda agar selalu menghasilkan kualitas gambar yang jernih serta terhindari dari garis hitam yang mengganggu:  

1. Jangan Tekan Terlalu Kuat

Tekanan berlebih pada layar ponsel bisa menyebabkan kerusakan. Saat menekan layar, pastikan Anda tidak menggunakan tenaga berlebih atau benda tajam yang bisa membuat goresan. Beberapa tips untuk menghindari kerusakan akibat tekanan berlebih:

  • Gunakan ujung jari untuk mengetuk layar, bukan kuku atau benda tajam lainnya. Tekan layar secara lembut dan halus.
  • Jangan menjepit ponsel di antara tubuh dan benda keras seperti di dashboard mobil. Ini bisa memberi tekanan pada layar.
  • Tutup ponsel dan simpan di tempat yang aman saat tidak digunakan, jangan biarkan tergeletak begitu saja di meja atau lantai.
  • Pasang pelindung layar untuk melindungi dari goresan dan dampak fisik sehari-hari.

Dengan menghindari tekanan berlebih, Anda bisa memperpanjang masa pakai layar sentuh ponsel. Jadi berhati-hatilah dan perlakukan layar ponsel dengan lembut.

2. Jauhkan dari Suhu Tinggi

Suhu tinggi dapat merusak komponen elektronik di dalam ponsel, termasuk layar dan panel LCD. Jika ponsel Anda terkena panas berlebih, seperti tertinggal di dalam mobil terkena sinar matahari langsung atau dekat api unggun, maka dapat menyebabkan garis hitam di layar.

Baca ini  How To Fix A Constantly Rebooting/Restarting Samsung Smartphone

Suhu panas ekstrem bisa merusak lapisan pelindung pada layar serta komponen sirkuit di dalamnya. Ini bisa mengakibatkan garis hitam muncul serta gangguan fungsi layar lainnya. Pastikan untuk tidak menyimpan atau menggunakan ponsel pada tempat yang terlalu panas.

Usahakan jauhkan ponsel dari paparan sinar matahari langsung yang berlebihan. Jika perlu menyimpan ponsel di dalam mobil, letakkan di tempat teduh yang terlindung. Selalu periksa suhu sekitar sebelum meletakkan atau menggunakan ponsel untuk menghindari kerusakan akibat suhu ekstrem. Dengan menjaga ponsel tetap pada suhu normal, risiko munculnya garis hitam pada layar dapat dicegah.

3. Gunakan Pelindung Layar

Salah satu cara terbaik untuk mencegah munculnya garis-garis hitam di layar ponsel Anda adalah dengan menggunakan pelindung layar. Pelindung layar dapat berupa screen protector plastik tembus cahaya atau film pelindung dari bahan kaca temper yang sangat kuat.

Kegunaan utama dari pelindung layar adalah melindungi permukaan layar sentuh dari goresan dan kerusakan. Ketika menggunakan ponsel sehari-hari, layarnya rentan terkena goresan akibat gesekan dengan kunci, debu, pasir, dan benda-benda lain yang keras. Goresan-goresan kecil inilah yang lama-kelamaan bisa menimbulkan garis hitam di layar.

Pelindung layar dapat menghalangi kontak langsung antara layar ponsel dengan benda-benda yang berpotensi menggores. Material pelindung layar biasanya cukup kuat untuk mencegah terbentuknya goresan permanen pada layar bahkan jika terkena gesekan.

Selain melindungi dari goresan, pelindung layar juga dapat melindungi layar dari kerusakan akibat benturan. Jika ponsel Anda terjatuh atau terkena benturan keras, pelindung layar dapat meredam dampaknya sehingga layar tetap aman.

Pemasangan pelindung layar yang benar sangat penting agar perlindungannya maksimal. Pastikan tidak ada debu atau kotoran saat memasang agar layar tetap bersih dan menempel dengan sempurna. Ganti pelindung layar secara berkala agar selalu dalam kondisi prima melindungi layar ponsel Anda.

Penutup

Garis hitam di layar HP dapat disebabkan oleh berbagai hal, mulai dari kerusakan fisik hingga bug perangkat lunak seperti yang sudah dijelasakan pada artikel diatas. Tentunya dengan menerapkan cara perbaikan layar bergaris pada Hp yang telah di jelaskan di artikel ini, Anda dapat menghilangkan garis hitam yang muncul di layar ponsel pintar. Pastikan melakukan tindakan pencegahan terlebih dahulu agar kerusakan tidak terulang di masa mendatang.

Referensi terkait:

About the author

Javier Hamad

Beri Tanggapan

Your email address will not be published. Required fields are marked *

About us

Mobilintec.net is a blog that specializes in discussing the problem of damage to electronic devices and reviewing automotive information.

Popular Posts