Hp Restart Terus Tidak Bisa Masuk Ke Homescreen? Ini Penyebab dan Solusinya

H

Hp Restart Terus Tidak Bisa Masuk Ke Homescreen

Hp Restart Terus Tidak Bisa Masuk Ke Homescreen – Ponsel Android yang tiba-tiba terus restart dan tidak bisa masuk ke homescreen adalah masalah yang cukup umum dialami oleh pengguna Android. Hal ini tentu sangat mengganggu penggunaan Ponsel sehari-hari. 

Ada beberapa kemungkinan penyebab mengapa Ponsel Smartphone Android bisa restart terus menerus dan tidak bisa masuk menu utama. Mulai dari masalah pada aplikasi, gagal update firmware, virus malware, kerusakan software maupun hardware, hingga suhu Ponsel yang terlalu tinggi. Dan masalah restart terus menerus pada Ponsel tidak menutup kemungkinan terjadi pada banyak brand Ponsel seperti Oppo, Samsung, Vivio, Realme, Lenovo, Nokia, Xiaomi, Poco dan merk Ponsel lainya.

Untuk bisa memperbaiki masalah ini, kita perlu melakukan identifikasi terlebih dahulu penyebab pastinya. Dengan mengetahui penyebabnya, kita bisa melakukan langkah perbaikan yang tepat agar Ponsel Android bisa kembali normal.

Penyebab Umum Kenapa Hp Restart Terus Tidak Bisa Masuk Ke Homescreen

Ponsel Android yang restart terus menerus dan tidak bisa masuk ke menu utama umumnya disebabkan oleh beberapa hal. Beberapa penyebab umum antara lain:

1. Aplikasi Bermasalah

Aplikasi bermasalah bisa menjadi penyebab utama restart loop pada Ponsel Android. Hal ini terjadi ketika sebuah aplikasi mengalami crash atau force close secara terus menerus. 

Beberapa hal yang bisa menyebabkan aplikasi crash adalah:

  • Aplikasi tidak kompatibel dengan versi Android
  • Bug pada aplikasi 
  • Pemakaian memori yang berlebihan
  • Permissions yang salah

Akibatnya, sistem Android akan memaksa menutup aplikasi tersebut. Proses ini terjadi berulang-ulang dan menyebabkan Ponsel restart terus menerus.

Cara mengatasinya adalah:

  • Uninstall aplikasi yang bermasalah tersebut. Caranya masuk ke menu Settings > Apps lalu uninstall aplikasi yang diduga bermasalah.
  • Reset app preferences, cara ini akan mengatur ulang semua preferences dan data aplikasi. Masuk ke Settings > Apps > Menu (3 titik vertikal) > Reset App Preferences.
  • Restart Ponsel ke mode recovery, lalu clear cache dan data aplikasi yang bermasalah.
  • Jika masalah belum juga teratasi, lakukan factory reset untuk mengembalikan Ponsel Android ke pengaturan pabrik.

Dengan mengidentifikasi dan menghapus aplikasi yang bermasalah, masalah restart dan bootloop[ bisa diatasi tanpa harus reset pabrik. Pastikan hanya mengunduh aplikasi dari Play Store resmi dan hindari aplikasi yang sering force close.

2. Update Firmware Gagal

Salah satu kemungkinan penyebab Ponsel Smartphone Android restart sendiri secara terus-menerus adalah karena update firmware yang gagal. Ini bisa terjadi karena berbagai sebab seperti terputusnya koneksi internet saat proses update, file firmware yang korup atau tidak kompatibel, atau proses update yang terinterupsi.

Ketika proses update firmware gagal atau terhenti di tengah jalan, maka software di Ponsel tidak terupdate secara keseluruhan. Akibatnya, file-file penting bisa hilang atau rusak, menyebabkan sistem operasi Ponsel tidak stabil dan restart sendiri terus menerus. 

Baca ini  The Truth About Why Your iPhone Screen Dims When Auto-Brightness is Off

Cara mengatasi masalah ini adalah dengan melakukan update ulang firmware secara benar. Pastikan koneksi internet stabil saat update. Unduh file firmware dari sumber resmi dan pastikan file tidak korup sebelum di-install. Juga pastikan baterai Ponsel terisi penuh agar proses update tidak terhenti di tengah jalan. 

Jika masih gagal, maka lakukan proses recovery firmware atau Flashing melalui PC. Backup data penting terlebih dahulu, lalu flash Ponsel menggunakan Stock Firmware melalui program recovery seperti SP Flash Tool, Odin dan beragam tools untuk flashing Ponsel lainya. Ini akan memperbaiki file sistem yang rusak dan mengembalikan Ponsel ke kondisi firmware asli.

Setelah berhasil update, biasanya Ponsel akan berfungsi normal kembali tanpa restart sendiri lagi. Namun jika masalah berlanjut, maka kemungkinan besar ada kerusakan perangkat keras yang memerlukan perbaikan lebih lanjut.

3. Kerusakan Software

Salah satu penyebab utama Ponsel Android restart loop adalah kerusakan pada sistem operasi atau file penting lainnya. Hal ini bisa terjadi karena beberapa hal:

  • Terinfeksi virus atau malware yang merusak file sistem operasi. Virus jahat bisa menyusup lewat aplikasi atau situs web dan menyebabkan kerusakan parah. 
  • Kesalahan saat proses update firmware/ROM. Jika ada kesalahan saat proses flashing firmware baru, bisa menyebabkan file sistem rusak.
  • Bug pada ROM custom. Jika menggunakan ROM modifikasi yang tidak stabil, terkadang ada bug yang membuat bootloop.
  • Partisi sistem rusak. Issue pada partisi Android seperti cache, data, atau sistem bisa mengakibatkan gagal booting dan membuat Hp Android restart terus menerus.

Untuk memperbaiki kerusakan software ini, beberapa solusi yang bisa dicoba adalah:

  • Mencoba hard reset untuk membersihkan cache partisi sistem. Caranya tekan tombol power + volume naik + volume turun secara bersamaan.
  • Boot ke recovery mode untuk menghapus data, cache, dan melakukan factory reset. 
  • Install ulang firmware bawaan menggunakan PC atau aplikasi recovery.
  • Backup data penting, lalu flash ROM custom baru yang stabil.
  • Jika terkena malware, bisa menggunakan antivirus Ponsel untuk membersihkan virus.
  • Terakhir, bisa membawa ke service center jika masalah tidak teratasi. Mereka bisa mendeteksi kerusakan software dan melakukan perbaikan atau install ulang sistem.

Dengan mengidentifikasi jenis kerusakan software dan mencoba solusi yang tepat, masalah bootloop pada Android umumnya bisa diatasi sendiri.

4. Virus Malware

Virus dan malware merupakan penyebab umum lainnya mengapa Ponsel Android bisa restart sendiri terus menerus. Virus dan malware ini biasanya masuk ke Ponsel melalui aplikasi atau file yang terinfeksi, yang di download pengguna baik sengaja ataupun tidak sengaja.

Baca ini  Understanding Digital Multimeter: A Beginner's Guide

Beberapa tanda Ponsel terinfeksi virus/malware antara lain:

  • Ponsel jadi lemot
  • Aplikasi force close sendiri 
  • Banyak pop-up iklan muncul pada layar Ponsel 
  • Baterai cepat habis
  • Paket Data dan pulsa cepat terkuras habis

Jenis virus yang paling umum menyebabkan Ponsel restart terus adalah jenis ransomware. Ransomware akan mengenkripsi data dan file penting di Ponsel, lalu meminta tebusan agar file bisa dibuka kembali. Selain merusak file, ransomware juga bisa menyebabkan system crash hingga Ponsel tidak bisa digunakan.

Untuk mengatasi virus dan malware, hal pertama yang harus dilakukan adalah melakukan scan antivirus di Ponsel menggunakan aplikasi antivirus. Beberapa antivirus handal antara lain Avast, AVG, Lookout, dan Malwarebytes. Selain itu, backup semua file penting dan lakukan factory reset pada Ponsel untuk membersihkannya dari virus. Hindari mengunduh aplikasi dari sumber tidak dikenal. Gunakan antivirus handal di Ponsel dan jangan menonaktifkan Play Protect pada Play Store agar terhindar dari infeksi virus dan malware.

5. Suhu Ponsel Terlalu Tinggi

Salah satu penyebab Ponsel Smartphone Android restart terus menerus adalah suhu yang terlalu tinggi akibat pemanasan berlebih pada perangkat. 

Pemanasan berlebih bisa disebabkan oleh beberapa hal seperti pemakaian aplikasi yang berat secara terus menerus, penggunaan fitur CPU intensive, atau terhalangnya sirkulasi udara pada Ponsel karena debu. Suhu tinggi yang berlangsung lama dapat merusak komponen elektronik di dalam Ponsel seperti prosesor dan memori.

Beberapa solusi yang bisa dilakukan untuk mengatasi masalah ini antara lain:

  • Pastikan Ponsel tidak tertutup benda lain saat digunakan agar sirkulasi udara lancar.
  • Gunakan penyangga atau pendingin (fan cooler) Ponsel agar suhu tetap terjaga.
  • Tutup aplikasi berat yang tidak perlu saat tidak digunakan.
  • Periksa dan bersihkan debu pada port charging, speaker, atau area lain yang memungkinkan.
  • Jika masalah berlanjut, bawa Ponsel ke jasa servis Hp untuk perbaikan lebih lanjut. 

Komponen elektronik Ponsel seperti prosesor dan memori bisa rusak permanen jika suhu tinggi berlangsung lama. Oleh karena itu penting menjaga agar Ponsel tidak overheating dan segera ke jasa service perbaikan Hp jika restart dan bootloop terus berulang.

6. Kerusakan Hardware 

Masalah restart otomatis pada Ponsel Android bisa disebabkan oleh kerusakan pada komponen hardware tertentu. Beberapa komponen yang rentan mengalami kerusakan antara lain:

  • Prosesor (CPU) – Jika prosesor mengalami overheating atau kerusakan, Ponsel bisa restart sendiri untuk melindungi sistem. 
  • Memori RAM – Memori yang rusak bisa menyebabkan crash dan restart Ponsel.
  • IC Power – Komponen ini mengendalikan distribusi daya ke perangkat. Jika rusak bisa menyebabkan restart otomatis. 
  • IC sinyal RF dan IC WTR Rusak atau Lemah – IC ini berfungsi untuk menangkap sinyal dan juga jaringan internet, dalam beberapa kasus kerusakan pada IC sinyal ini juga bisa menyebabkan Hp Android restart terus menerus.
  • Motherboard – Kerusakan pada motherboard seperti korsleting bisa berakibat fatal pada sistem operasi Android.
  • Baterai – Baterai yang sudah aus, rusak bahkan komponen fuse (sekring) putus pada batrai Hp juga dapat mengganggu pasokan listrik ke Ponsel dan menyebabkannya restart sendiri.
  • Tombol On/Off Korslet – Kerusakan pada tombol on/off juga bisa memicu terjadinya hp restart terus tidak bisa masuk ke homescreen, hal ini bisa saja terjadi akibat korosi atau tombol on/off pada Ponsel yang terkena tumpahan cairan.
Baca ini  Jangan Panik! Solusi Ampuh Mengatasi Layar Mati Saat Telpon di HP Oppo

Periksa kondisi komponen-komponen tersebut jika mengalami masalah restart berulang pada Ponsel Android. Kadang perlu penggantian komponen yang sudah rusak agar Ponsel bisa berfungsi normal kembali. Pastikan untuk membawa ke teknisi service resmi untuk pemeriksaan dan perbaikan lebih lanjut.

Lakukan Data Recovery

Sebelum melakukan perbaikan pada Ponsel Android yang restart terus, pastikan untuk melakukan backup data terlebih dahulu agar data penting tidak hilang. Beberapa cara melakukan backup dan recovery data di Ponsel Smartphone Android:

  • Gunakan fitur backup Google Drive atau layanan Cloud lainya. Fitur ini akan secara otomatis membackup foto, kontak, dan data aplikasi ke cloud. Pastikan fitur ini diaktifkan sebelum masalah terjadi.
  • Backup manual dengan koneksi kabel data ke komputer. Di komputer, kamu bisa mengcopy paste semua file penting dari memori internal atau kartu SD Ponsel. 
  • Gunakan aplikasi pihak ketiga seperti Helium App Sync and Backup yang bisa backup aplikasi beserta data di dalamnya.
  • Jika tidak bisa menyalakan Ponsel sama sekali, bawa ke service center resmi untuk permintaan data recovery secara professional. 
  • Usahakan tidak melakukan factory reset sebelum proses backup data selesai, karena akan menghapus semua data di Ponsel.

Setelah data penting sudah dibackup dengan aman, baru kita bisa melanjutkan langkah perbaikan Ponsel restart terus tidak bisa masuk ke homescreen tanpa khawatir kehilangan data.

Kesimpulan

Masalah Hp Android restart terus tidak bisa masuk ke homescreen dapat disebabkan oleh berbagai faktor, termasuk masalah perangkat lunak, virus/malware, atau kerusakan perangkat keras. Langkah-langkah yang dapat diambil untuk mengatasi masalah ini meliputi mencadangkan data, menghapus cache dan data aplikasi yang mencurigakan, dan melakukan reset pabrik. 

Untuk mencegah masalah ini di masa mendatang, disarankan untuk menghindari aplikasi yang tidak jelas, melakukan backup secara teratur, menjaga suhu Ponsel, mengikuti petunjuk keselamatan dari vendor, dan menjaga kebersihan perangkat Ponsel yang anda miliki. Dengan tindakan yang tepat, masalah restart loop pada Ponsel Android dapat diatasi tanpa kehilangan data yang signifikan.

Referensi terkait:

About the author

Javier Hamad

Beri Tanggapan

Your email address will not be published. Required fields are marked *

About us

Mobilintec.net is a blog that specializes in discussing the problem of damage to electronic devices and reviewing automotive information.

Popular Posts