Blender Mati Total? Ikuti Tips Jitu Ini Untuk Memperbaikinya

B

Cara memperbaiki blender yang tidak berfungi mati total

Cara memperbaiki blender yang tidak berfungi mati total – Blender adalah peralatan rumah tangga yang sangat penting untuk membuat jus, smoothies, saus, dan banyak lagi. Namun, terkadang blender bisa bermasalah dan tidak berfungsi dengan baik. 

Pada kesempatan ini Mobilintec Team akan menjelaskan berbagai cara sederhana yang bisa dilakukan sendiri untuk memperbaiki blender dirumah yang rusak, tidak berputar atau tidak bekerja dengan baik. Artikel ini akan membahas beberapa masalah umum pada blender dan bagaimana mengatasinya.

Masalah yang sering terjadi pada blender diantaranya adalah blender mati total, blender tidak bisa berputar, bunyi berisik saat dijalankan, blender bocor, sampai pisau blender yang tumpul. Masalah-masalah tersebut sebenarnya bisa diperbaiki sendiri tanpa harus membawa ke service center.

Dengan mengikuti panduan langkah demi langkah dalam artikel yang kami buat ini, diharapkan blender rusak bisa kembali berfungsi dengan baik. Jadi, simak terus artikel ini sampai selesai ya.

Periksa daya listrik, Stopkontak dan Kabel Power Blander

Periksa daya listrik, Stopkontak dan Kabel Power Blander

Memastikan blender Anda tersambung dengan benar ke sumber daya listrik adalah langkah penting pertama dalam mencari akar penyebab masalah blender. Blender membutuhkan aliran listrik yang stabil dan konsisten untuk dapat bekerja dengan baik. Jika koneksi listriknya tidak baik, itu bisa menjadi penyebab utama kenapa blender tidak berfungsi, mati total bahkan tidak berputar.

Berikut adalah beberapa tips khusus untuk memeriksa koneksi listrik blender:

  1. Pastikan steker blender dimasukkan dengan erat ke stopkontak. Jika longgar, tekan steker hingga masuk sepenuhnya.
  2. Periksa apakah ada masalah dengan stopkontak dengan mencoba perangkat listrik lain di stop kontak yang sama. Jika perangkat lain juga tidak bekerja, mungkin ada masalah pada stop kontaknya.
  3. Periksa apakah ada masalah dengan sirkuit listrik di rumah Anda. Coba nyalakan blender di stopkontak di ruangan lain yang berbeda sirkuit. Jika berfungsi, berarti sirkuit di dapur yang bermasalah.
  4. Pastikan kabel power blender tidak rusak atau terkelupas. Kabel yang terkelupas dapat menyebabkan hubungan arus pendek. Ganti kabel yang rusak.
  5. Jika blender tiba-tiba berhenti saat digunakan, mungkin voltase tidak stabil. Gunakan stabilizer agar tegangan listrik tetap konsisten.
Baca ini  Caught Red-Handed: What to Do If You Suspect Someone is Spying on You

Dengan memeriksa koneksi listrik blender terlebih dahulu, Anda bisa mengetahui apakah masalah pada blender disebabkan oleh listrik atau bukan. Pastikan blender selalu tersambung pada listrik yang stabil agar dapat bekerja dengan optimal.

Periksa Dinamo Blender 

Periksa Dinamo Blender

Dinamo adalah komponen utama dari blender yang bertanggung jawab untuk memutar pisau blender. Jika motor rusak atau tidak berfungsi dengan baik, blender Anda tidak akan bisa berfungsi bahkan bisa menimbulkan bau gosong pada blender

Berikut ini adalah cara memeriksa apakah motor blender Anda bermasalah:

  1. Cabut blender dari stopkontak dan lepaskan wadah blender. Periksa apakah motor bisa berputar dengan bebas dengan memutar porosnya menggunakan tangan. Seharusnya motor bisa berputar dengan mudah dan halus. Jika terasa macet atau berat, kemungkinan ada masalah pada motor.
  2. Periksa suara motor saat blender dinyalakan. Dengarkan apakah ada suara berisik atau dengung yang tidak biasa. Suara yang tidak wajar menandakan ada kerusakan pada motor.
  3. Amati apakah motor cepat panas dan menimbulkan bau gosong saat blender digunakan. Motor yang panas berlebihan bisa disebabkan oleh gesekan atau kerusakan internal.
  4. Jika dinamo terlihat aus atau terkelupas, itu tanda motor dinamo blender sudah perlu diganti. Motor aus akan kehilangan daya dan efisiensi.
  5. Lakukan tes dengan memasukkan bahan dalam jumlah sedikit. Jika motor tidak sanggup memutar pisau untuk menggiling bahan, kemungkinan daya motor dinamo blender sudah melemah.
  6. Bersihkan motor dinamo blender dari debu dan kotoran yang mungkin mengganggu putaran motor. Gunakan kuas lembut untuk membersihkan kumparan motor.

Jika dinamo motor blender tetap tidak bisa di perbaiki, Anda perlu membawa blender ke tempat servis atau mengganti motor agar blender bisa berfungsi dengan baik kembali. Gunakan dinamo motor blender asli pabrikan agar mendapat kualitas dan daya blender yang optimal.

Bersihkan Blender 

Bersihkan Blender

Membersihkan bagian dalam blender secara rutin sangat penting untuk memastikan blender bekerja dengan baik. Sisa-sisa makanan dan minuman yang menempel di bagian dalam blender dapat menghambat kinerja putaran pisau blender dan motor. Selain itu, sisa makanan juga dapat menjadi sarang kuman.

Baca ini  How To Fix A Constantly Rebooting/Restarting Samsung Smartphone

Berikut tips untuk membongkar dan membersihkan komponen blender:

  1. Cabut blender dari stopkontak sebelum dibersihkan.
  2. Buka penutup blender dengan hati-hati. Lepaskan pisau blender dari porosnya. 
  3. Rendam pisau blender dalam air hangat berbusa selama beberapa menit untuk melonggarkan sisa makanan yang menempel. Gunakan spons lembut untuk menggosoknya. Bilas dengan air bersih dan keringkan.
  4. Keluarkan wadah blender dan cuci dengan sabun cuci piring. Bilas dengan air bersih. Pastikan tidak ada sisa sabun.
  5. Gunakan kain lembap untuk membersihkan bagian dalam badan blender, termasuk poros pisau dan dudukan wadah. 
  6. Jangan lupa bersihkan bagian luar blender dengan kain lembap. Pastikan semua komponen benar-benar kering sebelum merakit kembali.

Membersihkan blender secara rutin dapat memperpanjang masa pakai blender dan menjaga performa dinamo tetap prima. Gunakan sikat lembut untuk menggosok bagian yang sulit dicapai agar benar-benar bersih.

Periksa Karet Gear bawah Blander

Periksa Karet Gear bawah Blander

Bantalan karet Gear adalah komponen penting pada blender yang berfungsi untuk meminimalisir getaran dan kebisingan saat blender bekerja. Bantalan karet ini terletak di antara motor blender dan badan blender. 

Jika bantalan karet Gear sudah aus atau rusak, getaran dan kebisingan akan semakin tinggi saat blender digunakan. Selain itu, performa blender juga akan menurun bahkan bisa menyebabkan pisau blender tidak berputar walaupun dinamo blender tetap bekerja. Oleh karena itu, sangat penting untuk mengganti bantalan karet yang sudah aus.

Berikut tips khusus untuk mengganti bantalan karet blender:

  1. Pastikan ukuran karet gear bawah blander pengganti sesuai dengan bantalan lama. Biasanya ukuran bantalan tertera di badan bantalan tersebut.
  2. Gunakan bantalan karet gear yang berkualitas baik. Jangan menggunakan bantalan murahan agar tidak cepat aus lagi.
  3. Bersihkan poros motor dan dudukan bantalan agar bantalan baru bisa dipasang dengan pas. 
  4. Olesi poros motor dengan oli sedikit agar bantalan karet gigi yang baru berputar lebih halus saat dipasang.
  5. Pasang bantalan baru dengan hati-hati. Tekan perlahan dan rata agar bantalan masuk dengan sempurna.
  6. Setelah terpasang, putar poros motor blender secara manual untuk memastikan bantalan kareat gigi bawah blander baru berfungsi dengan lancar.
Baca ini  Don't Let Your Phone Die on You: How to Conquer Slow Charging and Quick Battery Drain!

Dengan mengganti bantalan karet blender yang sudah aus, performa blender akan kembali prima. Suara bising berkurang dan blender bisa digunakan lebih lama.

Periksa Tombol Saklar Switch Blander

Periksa Tombol Saklar Switch Blander

Tombol Saklar Switch pada blender berfungsi untuk mengontrol kecepatan putaran, waktu, dan fungsi lainnya. Jika blender tidak dapat dinyalakan atau mati total, kemungkinan ada masalah pada panel kontrolnya.

Untuk memeriksa panel Tombol Saklar Switch blender, lakukan langkah-langkah berikut:

  1. Cabut kabel power blender dari stopkontak. Ini penting dilakukan sebagai tindakan pencegahan sebelum memeriksa bagian elektronik.
  2. Buka penutup belakang panel kontrol dengan obeng. Perhatikan letak semua komponen dan kabel di dalamnya.
  3. Periksa apakah ada komponen yang lepas, terbakar, atau konslet. Ganti komponen yang rusak. Pastikan semua kabel tersambung dengan benar.
  4. Bersihkan panel kontrol dari debu dengan kuas halus atau penghisap debu. Debu dapat mengganggu fungsi panel kontrol.
  5. Setelah diperiksa dan dibersihkan, pasang kembali penutup panel dan semua sekrup.
  6. Hubungkan kembali kabel power, lalu hidupkan blender. Jika masih tidak berfungsi, kemungkinan panel kontrol perlu diganti.

Panel Tombol Saklar Switch yang rusak atau bermasalah dapat menyebabkan blender tidak berfungsi dengan baik. Lakukan pemeriksaan secara berkala agar blender selalu prima. Jika panel kontrol sudah tidak dapat diperbaiki, segera ganti dengan yang baru agar blender dapat digunakan kembali.

Kesimpulan

Itulah beberapa langkah serta tips sederhana yang bisa anda lakukan untuk memperbaiki blender yang tidak berfungsi, putaran lemah bahkan mati total yang bisa anda terapkan sendiri di rumah akan tetapi Jika perbaikan sendiri tidak berhasil, sebaiknya bawa blender ke service center atau teknisi elektronik agar mendapat perbaikan lebih lanjut. Kerusakan yang lebih parah mungkin memerlukan penggantian suku cadang tertentu.

Referensi terkait:

About the author

Javier Hamad

Beri Tanggapan

Your email address will not be published. Required fields are marked *

About us

Mobilintec.net is a blog that specializes in discussing the problem of damage to electronic devices and reviewing automotive information.

Popular Posts