Putih Bersinar: 6 Tips Merawat Sepatu Agar Tidak Cepat Menguning

P

Tips Merawat Sepatu Agar Tidak Cepat Menguning

Tips merawat sepatu agar tidak kuning – Menjaga sepatu Anda dalam kondisi bersih bisa menjadi suatu tantangan. Sepatu sering terbuat dari bahan yang berbeda, dan sifat desainnya membuatnya rentan terhadap perubahan warna dan kerusakan. 

Lebih buruk lagi, sebagian besar sepatu tidak akan bertahan selamanya – bahkan jika Anda merawatnya dengan baik. Jika Anda memiliki sepasang sepatu kesayangan yang membutuhkan perhatian khusus, atau hanya ingin koleksi sepatu Anda saat ini bertahan lebih lama, kami memiliki tips yang perlu Anda ketahui. 

Ada beberapa trik yang akan membantu Anda menjaga sepatu Agar tidak menguning. Dalam posting blog ini, Mobilintec Team akan menunjukkan kepada Anda apa yang perlu Anda ketahui tentang cara merawat dan mejaga sepatu agar tidak menguning. Mari kita mulai!

Apa Penyebab Sepatu Menguning?

Proses pasti yang menyebabkan sepatu menguning tidak sepenuhnya dipahami. Namun, teori yang paling umum adalah bahwa sinar UV memecah senyawa kimia yang menjaga kulit tetap utuh. Tanpa senyawa-senyawa itu, kulitnya terdegradasi, menyebabkannya menjadi kuning. 

Ini bisa terjadi pada jenis kulit sepatu apa pun, Satu-satunya cara untuk sepenuhnya mencegah hal ini terjadi adalah dengan menjauhkan sepatu Anda dari sinar matahari langsung. 

Itu sebabnya ada waktu-waktu tertentu dalam setahun ketika dianjurkan bagi anda harus ekstra hati-hati dengan koleksi sepatu Anda. Selama bulan-bulan musim panas, sinar UV berada pada titik terkuatnya. 

Baca ini  How To Choose The Best Kitchen Knife

Jauhkan sepatu Anda dari sinar matahari langsung, dan Anda dapat meminimalisir sepatu yang berubah warna kekuningan. Menghindari air adalah cara lain yang baik untuk menjaga sepatu Anda agar tidak menguning. Senyawa kimia yang sama yang melindungi sepatu Anda dari sinar UV juga bisa cepat memudar jika sepatu sering terkena air.

Cara Mencegah Sepatu Anda Agar Tidak Menguning

Jika sepatu Anda sudah menguning, Anda tidak dapat sepenuhnya memperbaiki kerusakan. Namun, Anda dapat mencegah sepatu Anda yang lain mengalami nasib yang sama. Dengan mengambil beberapa tindakan pencegahan sederhana, Anda dapat menjaga sepatu Anda agar tidak menguning. Inilah yang perlu Anda lakukan:

1. Jauhkan dari sinar matahari langsung

Seperti yang kami sebutkan sebelumnya, paparan sinar matahari langsung yang berkepanjangan akan menyebabkan sebagian besar sepatu menguning. Jika Anda ingin menjaga sepatu Anda dalam kondisi putih dan bersih, pastikan sepatu tersebut berada di area yang teduh di siang hari.

2. Hindari sering terkena air

Beberapa orang mencoba menghilangkan noda atau membersihkan sepatu mereka dengan mencucinya. Masalahnya adalah bahwa senyawa pelindung yang sama yang mencegah sinar matahari keluar bisa rusak akibat sering terkena air. Jika sepatu Anda lembab dan basah, kemungkinan besar sepatu akan menguning dan cepat rusak. 

Baca ini  Here’re 10 Australian Payday Loan Companies Who Can Help

3. Gunakan tas sepatu bersirkulasi udara

Jika Anda tidak memakai sepatu Anda, Anda harus menyimpannya di dalam tas sepatu bersirkulasi udara. Ini akan membantu melindungi sepatu dari potensi kerusakan, seperti debu, sepatu yang menguning atau timbulnya jamur.

Cara Membersihkan Sepatu Anda Agar tidak menguning

Membersihkan sepatu Anda adalah salah satu cara terbaik untuk mencegahnya menguning. Anda harus membersihkannya sesering yang diperlukan – ini bisa seminggu sekali atau sebulan sekali, tergantung pada sepatu Anda dan jenis kegiatan yang Anda lakukan. 

Idealnya, Anda dapat menggunakan sikat atau kain untuk menghilangkan kotoran, Anda juga dapat menggunakan pembersih sepatu khusus jika Anda Ingin menghilangkan kotoran yang membandel.

Jangan terlalu sering mencuci sepatu, karena ini akan memecah senyawa pelindung dan membuat sepatu Anda lebih rusak. Untuk noda yang sangat kotor atau membandel, Anda dapat menggunakan sabun lembut atau larutan pembersih. 

Pastikan untuk membiarkan sepatu Anda mengering sepenuhnya sebelum menyimpannya atau memakainya lagi. Jika sepatu Anda terbuat dari bahan kulit alami, jangan gunakan produk pembersih yang keras. Sebagai gantinya, pilihlah sabun lembut yang tidak akan merusak bahan sepatu kesayangan anda.

Baca ini  Simak, 9 Cara Terbaru Membedakan Sepatu Converse Asli dari KW

Lindungi sepatu Anda dengan produk perawatan sepatu

Lindungi sepatu Anda dengan produk perawatan sepatu

Jika Anda ingin menjaga sepatu Anda agar tidak menguning, Anda juga harus melindunginya dari jenis kerusakan lainnya. Untungnya, ada berbagai macam produk perawatan sepatu yang dapat membantu melindungi sepatu Anda dari segala macam kerusakan. Anda dapat menggunakan semprotan sepatu untuk melindungi sepatu Anda dari kerusakan akibat air. 

Semprotan ini diformulasikan dengan bahan khusus yang mengusir air dan kelembaban berlebih, menjaga sepatu Anda tetap kering dan bebas noda. Jika sepatu Anda terbuat dari bahan alami, Anda juga ingin menemukan semprotan pembersih sepatu yang mampu menghilangkan kotoran, debu dan pasir. Ini akan membantu menjaga sepatu Anda tetap bersih dan bebas dari pasir, yang dapat menyebabkan kerusakan pada setiap bagian sepatu.

Kesimpulan

Jika Anda memiliki pasangan sepatu yang membutuhkan perhatian khusus, atau hanya ingin sepatu koleksi Anda saat ini bertahan lebih lama, tentunya anda bisa mengaplikasikan beberapa tips cara merawat sepatu agar tidak kuning yang telah Mobilintec Team rangkum di atas. Semoga dengan informasi ini, bisa membuat koleksi sepatu kesayangan anda tetap terjaga kebersihannya dan tidak mudah mengalami kerusakan.

Referensi terkait:

About the author

Javier Hamad

Beri Tanggapan

Your email address will not be published. Required fields are marked *

About us

Mobilintec.net is a blog that specializes in discussing the problem of damage to electronic devices and reviewing automotive information.

Popular Posts