Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kaki Wangi, Sepatu Wangi! Rahasia 5 Cara Mengatasi Bau Sepatu dan Kaki

5 Tips Mudah Menghilangkan Bau Sepatu Dan Kaki Yang Bau

Cara menghilangkan bau sepatu - Kaki berbau? Ya, kami tahu. Kelenjar keringat di kaki kita dapat menghasilkan banyak bau—dan itu bukan hanya karena kaki tertutup kaus kaki sepanjang hari. Tentu saja tidak ada yang suka memiliki sepatu bau atau kaus kaki basah. 

Tapi tahukah kamu bahwa ada berbagai cara untuk menghilangkan bau sepatu. Pada artikel ini Mobilintec Team akan memberikan beberapa tips yang bisa kamu terapkan untuk menghilangkan bau pada sepatu.


Bau Sepatu: Apa Itu?

Lantas apa sebenarnya bau sepatu itu? Ini pada dasarnya adalah bau yang dihasilkan oleh sepatu, kaus kaki, dan alas kaki kamu saat basah. Ketika sepatu kamu basah, bakteri mulai tumbuh di dalamnya. Inilah sebabnya mengapa kamu mulai memperhatikan bahwa sepatu kamu berbau ketika kaki kamu  basah saat menggunakan sepatu. 

Bau yang dihasilkan biasanya merupakan kombinasi dari kaki yang berkeringat, semir sepatu, karet sepatu, dan bahan kimia yang digunakan untuk merawat sepatu. Selain itu, baunya mungkin semakin meningkat karena disebabkan oleh kondisi medis tertentu.


Tips mencegah bau sepatu

  • Keringkan sepatu kamu sepenuhnya sebelum menyimpannya. Sepatu basah lebih cenderung menimbulkan bau karena menimbulkan lebih banyak bakteri. 
  • Hindari memakai sepasang sepatu yang sama selama berminggu-minggu/berbulan-bulan. Setelah bakteri di dalam sepatu mulai berkembang, ia akan terus tumbuh bahkan di lingkungan yang kering. Dengan kata lain, sepatu kamu akan berbau bahkan jika kamu tidak memakainya. 
  • Cuci sepatu kamu secara teratur, sebaiknya gunakan cairan pembersih sepatu khusus. Atau, kamu juga dapat menggunakan deterjen cucian biasa, tetapi pastikan deterjen itu tidak mengandung pemutih. 
  • Jika kamu tidak punya waktu untuk membersihkan sepatu kamu, hindari memakainya selama berhari-hari. Jika kamu melakukan ini cukup sering, sepatu kamu akan mulai berbau dan tidak akan mudah untuk dihilangkan.


5 Cara menghilangkan bau sepatu

Sekarang setelah kamu mengetahui apa yang menyebabkan bau sepatu dan bagaimana mencegahnya, kini saatnya untuk mempelajari cara menghilangkan bau sepatu. Menghilangkan bau sepatu adalah proses dimana dimulai dengan menyingkirkan sumber bau itu sendiri. Berikut adalah 5 tips teratas untuk menghilangkan bau sepatu: 

1. Bersihkan sepatu kamu: Ini mungkin langkah yang paling penting. Dengan membersihkan sepatu, kamu akan menghilangkan bakteri di dalamnya, yang menyebabkan bau sepatu. 

2. Ganti kaos kaki kamu: Bukan hanya kaus kaki yang bertanggung jawab atas baunya; itu juga bahan di dalamnya, seperti karet atau bahan pembersih sepatu.

3. Cuci kaki kamu: Dengan mencucui kaki akan menghilangkan zat bau dari kaki kamu, tetapi kamu juga akan menghilangkan bakteri yang menyebabkan bau sepatu.

4. Hindari makanan tertentu: Jika kamu berpikir bahwa menghilangkan bau sepatu adalah tentang menggosok dan membersihkan sepatu kamu, kamu salah. Makanan tertentu juga dapat memicu timbulnya bau khas pada sepatu kamu. 

5. Gunakan semprotan sepatu penghilang bau: Jika kamu ingin menghilangkan bau sepatu tanpa mencuci sepatu kamu, inilah saatnya untuk mencoba semprotan sepatu penghilang bau.


Kesimpulan

Bau sepatu adalah masalah nyata. Dan dapat mengurangi kepercayaan diri kamu. Ingat, kamu dapat menghilangkan bau sepatu dengan menjaga sepatu kamu tetap bersih dan kering, mengganti kaus kaki, mencuci kaki, dan menggunakan semprotan sepatu. kamu hanya butuh sedikit kesabaran dan usaha.